Perilaku komunikasi konsumen weverse shop dalam fenomena "Celebrity Worship"

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pristiawan, Salma Ardhani (2025) Perilaku komunikasi konsumen weverse shop dalam fenomena "Celebrity Worship". Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Salma Ardhani Pristiawan_04040521128 OK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Salma Ardhani Pristiawan_04040521128 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 November 2028.

Download (4MB)

Abstract

Masuknya budaya Korean Pop (KPOP) di Indonesia telah memicu fenomena “celebrity worship”. Di mana “celebrity worship” mampu mendorong penggemar untuk melakukan suatu pembelian yang berkaitan dengan idolanya, salah satunya pada platform belanja produk KPOP terbesar yakni Weverse Shop. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti perilaku komunikasi konsumen Weverse Shop baik komunikasi secara verbal maupun non verbal dalam fenomena “celebrity worship”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data wawancara mendalam. Wawancara dilakukan dengan 10 informan dengan karakteristik yang berbeda-beda diantaranya yaitu pembeli loyal, pembeli kolektor, pembeli reseller, pembeli baru, dan pembeli lama. Teori relevan yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori interaksi simbolik oleh George Herbert Mead di mana menurut Mead isyarat verbal dan non verbal merupakan simbol-simbol yang memiliki arti penting dalam sebuah interaksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsumen Weverse Shop menunjukkan perilaku komunikasi verbal dengan menggunakan gaya berbicara informal dengan gaya bahasa multilingual sebagai bentuk ekspresi diri dan untuk menunjukkan kedekatan dan keterikatan satu sama lain. Sedangkan komunikasi non verbal ditunjukkan dengan chronemics dan appearance. Baik perilaku verbal maupun non verbal, keduanya sama-sama menunjukkan loyalitas yang dibangun antara sesama penggemar maupun penggemar dengan artisnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pristiawan, Salma Ardhanisalmapristiawan@gmail.com04040521128
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSalisah, Nikmah Hadiatinikmah_hs@yahoo.co.id2014017301
Subjects: Komunikasi
Konsumen
Keywords: Celebrity Worship; Perilaku Komunikasi Konsumen; Weverse Shop
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Salma Ardhani Pristiawan
Date Deposited: 11 Nov 2025 03:07
Last Modified: 11 Nov 2025 03:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/85072

Actions (login required)

View Item View Item