This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Febriana, Salisa Aulia (2025) تحليل الأخطاء الإملائية لدى طلاب الفصل الثالث المتوسط بمعهد الديني "الحلم" فريكان باسوروان. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Salisa Aulia Febriana_A91218123 OK.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
Salisa Aulia Febriana_A91218123 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 19 December 2028. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang kesalahan dalam penulisan santri khususnya bagi santri kelas 3 di Pondok Pesantren “Al-Hilmu” yang bertempat di Dusun Genting, Desa Sukolelo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Dalam penelitian ini fokus terhadap 2 permasalahan, yaitu: 1. Bagaimana bentuk dari kesalahan penulisan imlak’ pada santri kelas 3 di Pondok Pesantren “Al-Hilmu” Prigen, Pasuruan?. 2. Apa penyebab kesalahan dalam penulisan imla’ pada santri kelas 3 di Pondok Pesantren “Al-Hilmu” Prigen, Pasuruan?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan dan juga penyebab dari kesalahan penulisan imla’ khususnya bagi santri kelas 3 di Pondok Pesantren “al-Hilmu” Prigen, Pasuruan.Penelitian ini menggunkan metode Deskriptif Kualitatif, yaitu peneliti mengumpulkan data dari lembar penulisan para santri untuk mengidentifikasi kesalaham yang ada. Dan dalam pengumpulan data peneliti menemukan beberapa bentuk kesalahan dalam penulisan imla’ diantaranya: 1. Kesalahan penulisan Hamzah Washal 2. Kesalahan Penulisan Hamzah Qatha’ 3. Kesalahan Penulisan Hamzah Muthawasithah 4. Kesalahan Penulisan Hamzah Muthathorifah 5. Kesalahan Penulisan pada penggunaan Alif Laam 6. Kesalhan Penuliasan dalam Penghilangan Huruf 7. Kesalahan Penulisan dalam Penambahan Huruf 8. Kesalahan Penulisan Ta’ Maftuhah 9. Kesalahan Penulisan Ta’ Marbhutah 10. Kesalahan Penulisan pada huruf yang sama dalam penyebutannya Dan dalam penelitian ini terdapat kesimpulan tentang penyebab dari kesalahan dalam penulisan Imla’, yaitu: 1. Kesalahan karena santri paham dengan kaidah tapi menganggap semua kaidah itu sama (Mubalagoh Fii Ay-Ta’miim) 2. Kesalahan Karena anak tidak faham sama sekali dengan kaidahnya (Al-Jahlu Bil Qoidah). 3. Kesalahan karena anak tersebut tau tentang kaidah tapi tidak dapat mempraktekannya (At-Tatbiq An-Naqis lil Qowaid). 4. Kesalahan Karena anak salah dalam pemahaman (Al-Iftirodul Khoti’ah).
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Creators: |
|
||||||||||||
| Contributors: |
|
||||||||||||
| Subjects: | Kesusastraan > Sastra Arab Bahasa Arab |
||||||||||||
| Keywords: | Analisis Kesalahan; Imla’; Penulisan Santriwati; Pesantren Al-Hilmu | ||||||||||||
| Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab | ||||||||||||
| Depositing User: | Salisa Aulia Febriana | ||||||||||||
| Date Deposited: | 19 Dec 2025 08:07 | ||||||||||||
| Last Modified: | 19 Dec 2025 08:07 | ||||||||||||
| URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/85153 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
