Pengaruh konseling Islam dengan teknik self regulation terhadap peningkatan motivasi belajar siswa MTs Al Mujahidin Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Husna, Dina Walidatil (2025) Pengaruh konseling Islam dengan teknik self regulation terhadap peningkatan motivasi belajar siswa MTs Al Mujahidin Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dina Walidatil Husna_04020321046.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Dina Walidatil Husna_04020321046_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 December 2028.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling Islam dengan teknik self-regulation dalam peningkatan motivasi belajar siswa MTs Al-Mudjahidin Kediri. Permasalahan motivasi belajar yang rendah sering kali berdampak pada pencapaian akademik siswa, sehingga diperlukan intervensi konseling yang sesuai dengan kebutuhan psikologis dan spiritual siswa. Konseling Islam dipilih sebagai pendekatan karena menekankan pada nilai-nilai religius, pembentukan akhlak, serta penguatan keimanan yang dapat mempengaruhi perilaku belajar. Teknik self-regulation diterapkan untuk membantu siswa mengelola dirinya melalui pengaturan tujuan, pemantauan diri, serta evaluasi diri selama proses belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain pre-experimental model one group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari sejumlah siswa yang memiliki motivasi belajar rendah berdasarkan hasil observasi dan angket awal. Instrumen penelitian menggunakan angket motivasi belajar yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan dengan uji paired sample t-test untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar sebelum dan sesudah intervensi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada motivasi belajar siswa setelah diberikan layanan konseling Islam dengan teknik self-regulation. Intervensi ini terbukti efektif membantu siswa meningkatkan kesadaran diri, kemandirian, serta kemampuan mengatur proses belajarnya sesuai nilai-nilai Islami. Dengan demikian, konseling Islam berbasis self-regulation dapat dijadikan alternatif layanan bimbingan bagi sekolah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Husna, Dina Walidatildinawalidah14@gmail.com04020321046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAmriana, Amrianaamriana@uinsby.ac.id2111048901
Thesis advisorBasyid, Abdabdulbasyid32@gmail.com2001096001
Subjects: Bimbingan Konseling
Motivasi Belajar
Anak > Kepribadian
Keywords: konseling Islam; self regulation; motivasi belajar
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Dina Walidatil Husna
Date Deposited: 15 Dec 2025 01:36
Last Modified: 15 Dec 2025 01:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/85300

Actions (login required)

View Item View Item