This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Husna, Dina Walidatil (2025) Pengaruh konseling Islam dengan teknik self regulation terhadap peningkatan motivasi belajar siswa MTs Al Mujahidin Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Dina Walidatil Husna_04020321046.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
Dina Walidatil Husna_04020321046_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 15 December 2028. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling Islam dengan teknik self-regulation dalam peningkatan motivasi belajar siswa MTs Al-Mudjahidin Kediri. Permasalahan motivasi belajar yang rendah sering kali berdampak pada pencapaian akademik siswa, sehingga diperlukan intervensi konseling yang sesuai dengan kebutuhan psikologis dan spiritual siswa. Konseling Islam dipilih sebagai pendekatan karena menekankan pada nilai-nilai religius, pembentukan akhlak, serta penguatan keimanan yang dapat mempengaruhi perilaku belajar. Teknik self-regulation diterapkan untuk membantu siswa mengelola dirinya melalui pengaturan tujuan, pemantauan diri, serta evaluasi diri selama proses belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain pre-experimental model one group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari sejumlah siswa yang memiliki motivasi belajar rendah berdasarkan hasil observasi dan angket awal. Instrumen penelitian menggunakan angket motivasi belajar yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan dengan uji paired sample t-test untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar sebelum dan sesudah intervensi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada motivasi belajar siswa setelah diberikan layanan konseling Islam dengan teknik self-regulation. Intervensi ini terbukti efektif membantu siswa meningkatkan kesadaran diri, kemandirian, serta kemampuan mengatur proses belajarnya sesuai nilai-nilai Islami. Dengan demikian, konseling Islam berbasis self-regulation dapat dijadikan alternatif layanan bimbingan bagi sekolah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Creators: |
|
||||||||||||
| Contributors: |
|
||||||||||||
| Subjects: | Bimbingan Konseling Motivasi Belajar Anak > Kepribadian |
||||||||||||
| Keywords: | konseling Islam; self regulation; motivasi belajar | ||||||||||||
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam | ||||||||||||
| Depositing User: | Dina Walidatil Husna | ||||||||||||
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 01:36 | ||||||||||||
| Last Modified: | 15 Dec 2025 01:36 | ||||||||||||
| URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/85300 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
