This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Jakartiwi, Widi (2025) Pendampingan komunitas Sanggar Anak Belong berbasis sekolah alternatif melalui upaya pengembangan keterampilan di Kelurahan Kebraon Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Widi Jakartiwi_04010521108 OK.pdf Download (4MB) |
|
|
Text
Widi Jakartiwi_04010521108 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 15 December 2028. Download (4MB) |
Abstract
Pendampingan Komunitas Sanggar Anak Belong Berbasis Sekolah Alternatif Melalui Upaya Pengembangan Keterampilan di Kelurahan Kebraon Kota Surabaya. Penelitian ini berfokus pada strategi pendampingan dalam mengembangkan keterampilan anggota Komunitas Sanggar Anak Belong serta hasil dari pendampingan tersebut dalam mewujudkan pemberdayaan masyarakat. Selain itu, penelitian ini juga menganalisis relevansi konsep Dakwah Bil Hal dalam prosesnya. Dengan menggunakan metode ABCD (Asset Based Community Development), yaitu dengan memanfaatkan pengembangan aset dan potensi yang dimiliki oleh anggota Komunitas Sanggar Anak Belong yaitu berupa keterampilan dan kreativitas dalam melakukan kegiatan. Komunitas Sanggar Anak Belong adalah wadah bagi pemuda untuk menyalurkan kreativitas dan mencegah kenakalan remaja. Terinspirasi dari Sekolah Alam Yogyakarta, komunitas ini diasuh oleh Pak Maksum yang memiliki visi merangkul anak-anak sekitar sebagai bentuk bela negara. Dengan visi menjadi komunitas yang dikenal luas, mereka memiliki misi menghasilkan karya, membangun sarana kreativitas, dan merancang agenda kegiatan jangka pendek serta menengah. Pendampingan diperlukan untuk membantu komunitas ini merealisasikan misinya dan mengembangkan potensinya sebagai aset berkelanjutan bagi masyarakat. Hasil pendampingan menunjukkan bahwa Komunitas Sanggar Anak Belong mampu mengembangkan keterampilan secara mandiri, dibuktikan dengan penyusunan modul kegiatan, produksi film Langkah Seirama, serta menyusun buku modul dan jurnal kegiatan teater. Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa konsep Dakwah Bil Hal memiliki relevansi kuat dalam pendampingan, tercermin dalam keterlibatan aktif komunitas yang tidak hanya mengembangkan keterampilan teknis, tetapi juga memperkuat nilai sosial dan edukatif.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Creators: |
|
||||||||
| Contributors: |
|
||||||||
| Subjects: | Dakwah Dakwah > Dakwah bil Hal Dakwah > Pengembangan Masyarakat |
||||||||
| Keywords: | Pendampingan Sanggar Anak Belong; Sekolah Alternatif; Keterampilan; Teater | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam | ||||||||
| Depositing User: | widi jakartiwi | ||||||||
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 03:12 | ||||||||
| Last Modified: | 15 Dec 2025 03:12 | ||||||||
| URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/85413 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
