Efektivitas penerapan model problem based learning dalam meningkatkan keaktifan dan kemampuan berpikir kritis siswa pada Pembelajaran Agama Islam di SMPN 13 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Lailatul Uswatun (2025) Efektivitas penerapan model problem based learning dalam meningkatkan keaktifan dan kemampuan berpikir kritis siswa pada Pembelajaran Agama Islam di SMPN 13 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Uswatun Hasanah_06040121109 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Lailatul Uswatun Hasanah_06040121109 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 December 2028.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan keaktifan dan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Agama Islam di SMPN 13 Surabaya. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen, melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan Problem Based Learning dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, tes (pre-test dan post-test), serta dokumentasi. Validitas dan reliabilitas instrumen diuji menggunakan SPSS versi 27. Seluruh data keaktifan dan kemampuan berpikir kritis berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t untuk keaktifan dan kemampuan berpikir kritis siswa menunjukkan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Problem Based Learning terlaksana dengan sangat baik dengan persentase keterlaksanaan sebesar 95% (kategori “Sangat Baik”). Model ini mampu meningkatkan keaktifan siswa, terlihat dari hasil angket keaktifan siswa kelas kontrol sebesar 68,8% (kategori “Baik”) dan kelas eksperimen sebesar 84,9% (kategori “Sangat Baik”). Nilai rata-rata keaktifan juga meningkat dari (38,5) pada kelas kontrol menjadi (47,5) pada kelas eksperimen. Kemampuan berpikir kritis siswa juga mengalami peningkatan. Pada kelas eksperimen, total skor meningkat dari 1740 (pre-test) menjadi 1990 (post-test), atau naik rata-rata 8,3 poin per siswa. Sementara itu, kelas kontrol mengalami peningkatan kecil dari 1630 menjadi 1690, atau rata-rata 2 poin per siswa. Nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen mencapai (66,3), lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang memperoleh rata-rata (56,3). Secara keseluruhan, penerapan Problem Based Learning dalam pembelajaran Agama Islam di SMPN 13 Surabaya terbukti dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran yang aktif, kolaboratif, dan berpusat pada pemecahan masalah nyata.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Lailatul Uswatunlailatuluswatun@gmail.com06040121109
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZaini, Achmadzainiazami@yahoo.com2012057001
Thesis advisorJazil, Saifuljazilubna@gmail.com2012126901
Subjects: Agama
Islam dan Ilmu Pengetahuan
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Problem Based Learning; Student Activeness; Critical Thinking Skills; Islamic Religious Education.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lailatul Uswatun
Date Deposited: 17 Dec 2025 02:00
Last Modified: 18 Dec 2025 01:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/85443

Actions (login required)

View Item View Item