This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Baroh, Chasniatul (2010) Efektivitas metode Simulasi dalam pembelajaran Matematika pada pokok bahasan Peluang di Kelas IX-A MTs Nurul Huda Kalanganyar Sedati Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Cover.pdf Download (312kB) |
||
|
Text
abstrak.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
daf.isi.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
bab4.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
bab5.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
bab6.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
daf.pustaka.pdf Download (94kB) | Preview |
Abstract
Tugas guru matematika adalah membimbing peserta didik agar memiliki pengetahuan dan keterampilan matematika, melaksanakan proses matematika, serta menumbuhkan rasa senang dan cinta belajar matematika. Hal ini sesuai dengan tujuan pembelajaran matematika yang telah disebutkan dalam PERMENDIKNAS No.22 Th.2006. Salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan menerapkan metode yang dapat menarik minat siswa sehingga nantinya pembelajaran dapat berlangsung dengan baik dan melibatkan siswa secara aktif. Metode simulasi merupakan cara untuk menjelaskan sesuatu (materi pelajaran) melalui perbuatan yang berpura-pura atau melalui tingkah laku imitasi yang dilakukan seolah-olah dalam keadaan yang sebenarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran; 2) aktivitas siswa; 3) respon siswa terhadap pembelajaran; 4) ketuntasan hasil belajar siswa, dan 5) efektivitas metode simulasi dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan peluang di kelas IX. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-A MTs. Nurul Huda Kalanganyar Sedati Sidoarjo yang berjumlah 32 siswa dengan empat orang siswa yang diambil secara acak sebagai sampel. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan desain One Shot Case Study dan dianalisis dengan mendeskripsikan rata-rata aspek yang diamati, prosentase aktivitas siswa, respon siswa dan ketuntasan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran baik dengan rata-rata 3,18; 2) aktivitas siswa selama pembelajaran dalam kategori aktivitas aktif dengan prosentase 57,29% sehingga dapat dikatakan aktivitas siswa baik; 3) respon siswa terhadap pembelajaran positif dengan prosentase lebih dari sama dengan 75% dalam kategori ya, dan 4) ketuntasan belajar siswa secara klasikal dikatakan tuntas dengan prosentase sebesar 81,25%. Berdasarkan kriteria pencapaian dan definisi efektivitas, maka dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini metode simulasi efektif dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan peluang di kelas IX-A MTs Nurul Huda Kalanganyar Sedati Sidoarjo.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Metode |
||||||
Keywords: | Efektivitas; metode simulasi; pokok bahasan peluang | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 26 Aug 2010 | ||||||
Last Modified: | 07 May 2019 02:27 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8707 |
Actions (login required)
View Item |