Perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif dan yang diajar dengan model pembelajaran berdasarkan masalah pada materi pokok Bangun Ruang Sisi Lengkung di Kelas IX SMP Giki 3 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Laili, Binti Nur (2010) Perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif dan yang diajar dengan model pembelajaran berdasarkan masalah pada materi pokok Bangun Ruang Sisi Lengkung di Kelas IX SMP Giki 3 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
sekripsi.pdf

Download (329kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran yang dipakai dalam proses belajar mengajar mempunyai peran penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Karena model pembelajaran yang dipakai dapat mempengaruhi hasil belajar siswa nantinya. Salah satu model pembelajaran yang saat ini banyak dipakai dan menunjukkan hasil yang baik adalah pembelajaran kooperatif yaitu pembelajaran dengan bekerja sama dalam kelompok belajar. Akan tetapi disamping pembelajaran kooperatif, ada juga pembelajaran yang mempunyai ciri dengan bekerja sama dalam kelompok belajar, yaitu model pembelajaran berdasarkan masalah. Kemudian dilakukan penelitian ini, yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif dan yang diajar dengan pembelajaran berdasarkan masalah pada sub materi luas tabung dan luas kerucut dikelas IX SMP GIKI 3 Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitiann kuantitatif ksperimental. Pelaksanaan penelitian dengan kelompok eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran kooperatif dan kelompok eksperimen 2 menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah. Metode pengumpulan data adalah metode tes. Dan tes yang digunakan adalah tes evaluasi akhir, yang diberikan setelah siswa diberi perlakuan. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata(mean)untuk kelompok eksperimen 1 sebesar 68,59 dan kelompok eksperimen 2 sebesar 65,09. Dengan menggunakan analisis statistik uji hipotesis kesamaan dua rata-rata(uji-t), maka sebelumnya dilakukan terlebih dahulu uji normalitas dan uji mogenitas dan diperoleh hasil bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Dan dengan analisis statistik uji-t diperoleh hasil t hitung = 1,4779 dan t tabel = 2,000.Maka diambil kesimpulan terima 0 H , tolak 1 H . Yang artinya bahwa tidak cukup alasan untuk mengatakan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif berbeda dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran berdasarkan masalah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Laili, Binti Nur--UNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Hasil belajar; Pembelajaran Kooperatif; Pembelajaran berdasarkan masalah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Aug 2010
Last Modified: 19 Oct 2018 07:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8736

Actions (login required)

View Item View Item