This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
M. Khumaeni M, M. Khumaeni M (2011) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ALQUR'AN MELALUI METODE JIBRIL BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN TAHFIDHUL QUR'AN SUNAN GIRI SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (66kB) | Preview |
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran harus terdiri dari langkah-langkah yang tersusun secara terencana dan sistematis dengan menggunakan metode dan teknik tertentu. Penggunaan metode dalam pembelajaran dimaksudkan agar pelajaran itu dapat ditangkap, dipahami dan digunakan oleh siswa dengan baik. Penelitian tentang implemantasi pembelajaran Alqur'an melalui Metode Jibril bagi santri Pondok Pesantren Tahfidhul Qur'an Sunan Giri Surabaya ini dipandang penting dan diperlukan.
Ada dua masalah yang diambil dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimanakah pembelajaran Alqur'an menurut Metode Jibril, (2) dan bagaimanakah implemantasi pembelajaran Alqur'an melalui Metode Jibril bagi santri Pondok Pesantren Tahfidhul Qur'an Sunan Giri Surabaya.
Maka dari itu, penelitian dilaksanakan dengan rancangan deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data, digunakan metode dokumentasi, observasi, dan interview. Sedangkan analisis data, digunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan dan menginterpretasi data-data yang telah didapat, sehingga akan menggambarkan realitas yang sebenarnya sesuai dengan yang terjadi di lapangan.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran Alqur'an melalui Metode Jibril bagi santri PPTQ Sunan Giri Surabaya telah dilaksanakan dengan baik, karena didukung oleh beberapa faktor pendukung, yakni program pendidikan yang sudah diterapkan sejak pesantren ini didirikan, guru yang berpengalaman, semangat santri untuk belajar, lingkungan yang kondusif, dan figur pengasuh KH. Abdul Aziz Hasanan yang ahli dalam bidang pembelajaran Alqur'an dan hafal Alqur'an beserta qira'ah sab'ahnya. Sedangkan faktor penghambat dalam pembelajaran Alqur'an di PPTQ Sunan Giri Surabaya adalah masa belajar santri yang relatif pendek, dan kurangnya pengembangan kurikulum serta minimnya dana oprasional. Sebab itu, kualitas bacaan Alqur'an santri PPTQ Sunan Giri Surabaya bervariatif.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan tambahan pengetahuan dan masukan bagi pengelola lembaga pendidikan yang berorientasi terhadap pembelajaran Alqur'an.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Aqaid dan Ilmu Kalam Pendidikan > Metode |
||||||
Keywords: | Al Qur an; Santri; Pondok Pesantren | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 07 Dec 2011 | ||||||
Last Modified: | 10 Mar 2015 03:39 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9094 |
Actions (login required)
View Item |