Meningkatkan hasil belajar siswa pada operasi hitung pecahan dengan menggunakan media gambar di Kelas IV MI Ar Rohman Bangah Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sya'diyah, Halimatus (2011) Meningkatkan hasil belajar siswa pada operasi hitung pecahan dengan menggunakan media gambar di Kelas IV MI Ar Rohman Bangah Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Pola berfikir siswa sekolah dasar berada pada tahap operasional konkrit.Dimana pada tahap operasional konkrit siswa sudah bisa memahami operasi logis dengan bantuan benda konkrit. Meskipun obyek pembelajaran matematika adalah abstrak, sedangkan kemampuan berfikir siswa sekolah dasar yang masih dalam tahap operasional konkrit maka untuk memahami konsep dan prinsip diperlukan pembelajaran melalui obyek konkrit. Salah satu cara untuk memudahkan siswa memahami obyek abstrak yaitu dengan menggunakan alat peraga. Dengan penggunaan alat peraga, akan menjembatani kemampuan siswa yang bersifat operasional konkrit dengan materi matematika yang abstrak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana tingkat keberhasilan siswa dalam melakukan operasi hitung pecahan mata pelajaran Matematika kelas IV MI Ar-Rohman Bangah Sidoarjo dengan menggunakan media gambar, 2) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola poses pembelajaran dengan menggunakan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Ar-Rohman Bangah Sidoarjo. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam melakukan operasi hitung pecahan mata pelajaran Matematika kelas IV MI Ar-Rohman Bangah Sidoarjo dengan menggunakan media gambar, 2) Mengetahui kemampuan guru dalam mengelola poses pembelajaran dengan menggunakan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Ar-Rohman Bangah Sidoarjo. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, kemampuan guru dalam pembelajaran yang diambil dari lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bawa hasil belajar mencapai 90.90%.Hasil observasi guru sudah mencapai indikator keberhasilan dengan perolehan skor 53.5 atau 89.2% dari skor idealnya adalah 60. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Ar-Rohman Bangah Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sya'diyah, HalimatusUNSPECIFIEDD06207028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamdani, A. SaepulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Media gambar; hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2011
Last Modified: 02 Oct 2024 03:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9234

Actions (login required)

View Item View Item