This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Dewi, Harisah Rizkyana (2011) Peningkatan kemampuan menerjemahkan Bahasa Arab melalui media Bithoqoh Almufrodat siswa kelas IV MI Khoirul Huda Sedati Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Harisah Rizkyana Dewi_D06207037.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kegiatan belajar mengajar merupakan tugas rutin seorang guru dalam mengembangkan bakat dan kemampuan. Untuk itu seorang guru dituntut selalu mengembangkan kecakapan secara profesional dalam mengelola kelas, agar bakat dan kemampuan siswa dapat berkembang secara optimal. Salah satu kecakapan profesional yang perlu dikembangkan adalah kecakapan dalam menggunakan metode pembelajaran yang tepat dan efektif. Kegiatan belajar mengajar di dalam kelas akan efektif apabila seorang guru selalu menggunakan media pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan menerjemahkan siswa, khususnya pada mata pelajaran bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan mengupayakan peningkatan kemampuan menerjemahkan bahasa Arab melalui media bithoqoh al-mufrodat siswa kelas IV MI Koirul Huda Sedati Sidoarjo. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian kelas pada materi i'dloul insan yang menggunakan media bithoqoh al-mufrodat, selanjutnya memberikan tes hasil belajar, serta mengamati proses belajar yang dilakukan guru dan siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, sedangkan observasi untuk mengamati proses belajar mengajar yang dilakukan guru dan siswa. Subyek penelitian berjumlah 40 siswa, dengan perincian 24 lakilaki dan 16 perempuan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Tes hasil belajar dianalisis dengan teknik kuantitatif sedangkan teknik kualitatif diperoleh dari refleksi proses belajar mengajar yang dilakukan guru dengan menggunakan media bithoqoh al-mufrodat. Setelah dilakukan analisis data diperoleh hasil penelitian bahwa penggunaan media bithoqoh al-mufrodat dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas IV Sedati Sidoarjo terbukti meningkatkan kemampuan menerjemahkan siswa. Hal tersebut diindikasikan dari pencapaian target pada siklus I rata-rata 64,5 dan siklus II rata-rata 79 sesuai
dengan indikator kinerja, yakni 75% siswa mampu menerjemahkan bahasa Arab 65.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Bahasa Arab Metode Pembelajaran Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media Pendidikan > Media |
||||||
Keywords: | Terjemahan; Bahasa Arab | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 13 Dec 2011 | ||||||
Last Modified: | 22 May 2019 05:15 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9239 |
Actions (login required)
View Item |