This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Adriyani, Siti Kamiliyah (2011) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL INTEGRATED LEARNING BERBASIS PEMECAHAN MASALAH PADA SUB POKOK BAHASAN LOGIKA MATEMATIKA DI KELAS X-b SMA DARUL-HIKMAH BANGKALAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
cover.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
daf.isi.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
bab4.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
bab5.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
bab6.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
daf.pustaka.pdf Download (9kB) | Preview |
Abstract
Motivasi para siswa di Pondok Pesantren Darul-Hikmah untuk belajar matematika masih sangat rendah. Para siswa lebih menyukai pelajaran agama daripada pelajaran matematika. Karena itu peneliti tertarik untuk mengadakan
penelitian tentang pengembangan perangkat pembelajaran matematika model Integrated Learning berbasis pemecahan masalah pada sub pokok bahasan logika matematika di kelas X-b SMA Darul-Hikmah Bangkalan. Dalam penelitian ini akan
dikembangkan sebuah perangkat pembelajaran yang mengintegrasikan matematika dengan ilmu agama agar para santri termotivasi untuk belajar matematika. Materi
yang akan di integrasikan dalam penelitian ini adalah penarikan kesimpulan pada logika matematika dan qiyas pada ilmu mantiq.
Pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan model 4D Thiagarajan yang dimodifikasi menjadi 3D, yaitu: Define, Design, dan Development. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP, buku
siswa, dan LKS. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi perangkat pemebelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, lembar keterlaksanaan sintaks
pembelajaran, lembar angket respon siswa, dan tes hasil belajar. Setelah data dianalisa secara deskriptif, maka diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: Nilai kevalidan RPP sebesar 4,37, yang berarti sangat valid, nilai kevalidan buku siswa sebesar 4,16, yang berarti sangat valid, dan kevalidan LKS sebesar 4,25, yang berarti sangat valid. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan
memenuhi kriteria keefektifan yang meliputi: Aktivitas siswa efektif karena aktifitas siswa aktif sebanyak 91,7% lebih besar daripada aktifitas siswa pasif sebanyak 8,3%.
Respon siswa efektif karena lebih dari 70% siswa memberikan respon positif. Sintaks embelajaran efektif karena keterlaksanaan mencapai 100% dengan nilai rata-rata
3,85 yang berarti setiap langkah dalam RPP telah terlaksana dengan baik. Hasil belajar siswa efektif, karena telah memenuhi kriteria ketuntasan individual dan
klasikal, yaitu lebih besar dari 75% siswa tuntas dalam pembelajaran
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Metode | ||||||
Keywords: | Integrated Learning; Pembelajaran Berbasis Masalah; Logika Matematika | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 19 Dec 2011 | ||||||
Last Modified: | 24 Feb 2015 01:38 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9357 |
Actions (login required)
View Item |