This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Chamdhani, Abdi (2011) STRATEGI PEMBELAJARAN FIKIH DI MADRASAH ALIYAH BILINGUAL YAYASAN PONDOK PESANTREN MODERN AL-AMANAH KRIAN SIDOARJO. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
cover.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
bab4.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
bab5.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (17kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran Fikih memang membutuhkan strategi tersendiri dalam upaya menginternalisasikan nilai-nilai yang ada di dalamnya. Sebab sebagaimana diketahui bahwa tercapainya tujuan pembelajaran Fikih tidak bisa hanya diukur dari penguasaan materi secara kognitif belaka, tetapi harus menyeimbangkannya dengan implementasi nilai-nilai Fikih tersebut melalui tindakan secara afektif dan psikomotorik. Hal itu dikarenakan Fikih merupakan pelajaran yang menuntun pada pengamalan ibadah. Untuk itu, penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul: Strategi Pembelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Bilingual Al-Amanah Yayasan Pondok Pesantren Modern Al-Amanah Krian Sidoarjo.
Penelitian ini memfokuskan tujuannya untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Bilingual Al-Amanah, termasuk faktor pendukung dan penghambat penerapan strategi pembelajaran Fikih di MA Bilingual Al-Amanah serta solusinya. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka penelitian ini dirancang sebagai penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambar-kan keadaan atau fenomena yang sebenarnya dari fakta yang diteliti.
Dari penelitian yang telah dilakukan, diperoleh temuan bahwa: Pertama, Strategi pembelajaran Fikih di MA Bilingual Al-Amanah terbilang unik, karena diterapkan dengan cara: menggunakan kitab kuning yang dimaknai dengan bahasa Inggris. Hal itu disebabkan oeh dua faktor, yakni: (a) MA Bilingual Al-Amanah merupakan madrasah yang berbasis pesantren, sehingga tradisi kepesantrenannya masih melekat; (b) MA Bilingual Al-Amanah merupakan madrasah yang menonjolkan keterampilan bahasa asing, yakni bahasa Arab dan Inggris. Kedua faktor ini dipadukan secara kreatif oleh guru mata pelajaran Fikih sehingga melahirkan strategi pembelajaran yang unik. Kedua, Faktor penghambat strategi pembelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Bilingual Al-Amanah adalah lebih kepada kurangnya kualitas sumber daya manusia dan penyediaan sarana pembelajaran. Adapun faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Bilingual Al-Amanah antara lain: adanya semangat guru yang kuat untuk mengadakan perubahan dalam penyelenggaraan pendidikan, adanya kontrol dan pengawasan kepala madrasah yang ketat terhadap kinerja guru, dan sebagainya. Cara mengatasi segala kekurangan atau hambatan yang ada itu adalah perbaikan kualitas sumber daya manusia, khususnya guru merupakan hal yang harus mendapat perhatian yang serius dalam penyelenggraan pendidikan
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Sumber Belajar | ||||||
Keywords: | Strategi Pembelajaran Fikih | ||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 15 Feb 2012 | ||||||
Last Modified: | 24 Feb 2015 07:19 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9596 |
Actions (login required)
View Item |