This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hasanah, Niswatul (2012) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS DEEP DIALOGUE/CRITICAL THINKING (DD/CT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII B PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 TANGGULANGIN KABUPATEN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
cover.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
bab4.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
bab5.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
daf.pustaka.pdf Download (85kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sering ditemukan di lapangan bahwa guru hanya menguasai materi dengan baik tetapi tidak dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan efektif. Hal ini terjadi karena hal tersebut tidak didasarkan pada model atau strategi pembelajaran tertentu sehingga proses pembelajaran cenderung monoton, siswa menjadi pasif dan tidak bersemangat dalam belajar sehingga prestasi belajar yang diperoleh siswa rendah. Melalui model atau strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi anak didik maka dapat meningkatkan prestasi belajar serta minat siswa dalam belajar Pendidikan Agama Islam. Maka dari itu perlu dicarikan model pembelajaran yang efektif, yaitu dengan menerapkan model pembelajaran berbasis Deep Dialogue/Critical Thinking (DD/CT) yang mengakses paham konstruktivis dan membantu guru untuk menjadikan pembelajaran bermakna bagi siswa.
Adapun tujuan dalam penelitian ini: 1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran berbasis Deep Dialogue/Critical Thinking (DD/CT) di SMP Negeri 2 Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo. 2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas VIII B pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo. 3) Untuk mengetahui ada tidaknya efektivitas penerapan model pembelajaran berbasis Deep Dialogue/Critical Thinking (DD/CT) terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII B pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dimana analisisnya menggunakan statistik. Data diperoleh melalui beberapa tehnik, diantaranya adalah dengan observasi, tes, angket, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Bahwa penerapan model pembelajaran berbasis Deep Dialogue/Critical Thinking (DD/CT) di SMP Negeri 2 Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo adalah baik, hal ini dapat dibuktikan dengan nilai 69,4 %. 2) Bahwa prestasi belajar siswa kelas VIII B di SMP Negeri 2 Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo adalah baik sekali dengan rata-rata nilai siswa yang mencapai 83,2. 3) Bahwa ada efektivitas penerapan model pembelajaran berbasis Deep Dialogue/Critical Thinking (DD/CT) terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII B pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo yang dibuktikan dengan hasil perhitungan yang diperoleh bahwa adalah lebih besar dari pada yaitu : 2,055,1952,76. Sehingga dapat dikatakan model pembelajaran berbasis Deep Dialogue/Critical Thinking, dapat diandalkan sebagai model pembelajaran yang baik untuk mengajarkan bidang studi PAI pada tingkat Sekolah Menengah Pertama.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Metode | ||||||
Keywords: | Deep Dialogue/Critical Thinking; DD/CT; model pembelajaran; Prestasi Belajar; | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 20 Sep 2012 | ||||||
Last Modified: | 13 Apr 2015 06:28 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9664 |
Actions (login required)
View Item |