IMPLEMENTASI STRATEGI PAIKEM DALAM PEMBELAJARAN FIQIH PADA SISWA KELAS VII MTS. TERPADU AL FATICH SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qomariyah, Nur (2012) IMPLEMENTASI STRATEGI PAIKEM DALAM PEMBELAJARAN FIQIH PADA SISWA KELAS VII MTS. TERPADU AL FATICH SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka..pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran mata pelajaran fiqih di sekolah saat ini masih sebatas proses penyampaian materi tentang hukum-hukum Islam. Posisi siswa hanya sebagai objek pembelajaran yang pasif. Oleh karena itu penggunaaan strategi dalam kegiatan pembelajaran sangat perlu untuk mempermudah proses pembelajaran, sehingga dapat mencapai hasil yang optimal. Atas dasar itu, perlu dicarikan alternatif-alternatif baru dalam pembelajaran mata pelajaran fiqih. Salah satu alternatifnya adalah implementasi strategi PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, efektif, dan Menyenangkan), yang dirasa lebih tepat untuk mengatasi problema yang ada selama ini.
Berangkat dari uraian di atas, penulis mencoba untuk meneliti Implementasi Strategi PAIKEM sebagai salah satu alternatif pembelajaran dengan rumusan sebagai berikut: 1. Bagaimana implementasi strategi PAIKEM dalam pembelajaran Fiqih pada siswa kelas VII MTs. Terpadu Al Fatich Surabaya? 2. Apa faktor pendukung dan juga penghambat dalam implementasi strategi PAIKEM dalam pembelajaran fiqih pada siswa kelas VII MTs. Terpadu Al Fatich Surabaya? 3. Upaya apa saja yang dilakukan untuk memecahkan berbagai hambatan dalam implementasi strategi PAIKEM dalam pembelajaran fiqih pada siswa kelas VII MTs. Terpadu Al Fatich Surabaya?
Berdasarkan paparan di atas, penelitian yang Penulis lakukan ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisa dengan deskriptif kualitatif.
Hasil observasi dan data empiris di lapangan menunjukkan bahwa implementasi strategi PAIKEM yang optimal dapat dilakukan melalui tiga tahapan yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Faktor yang mendukung antara lain: sarana prasarana, tenaga pendidik, dan kesiapan siswa. Adapun faktor penghambat diantaranya: beberapa guru kurang maksimal dalam menerapkan strategi PAIKEM, informasi yang lambat, kurang terintegrasi visi misi sekolah dengan visi misi orang tua, siswa pasif, lemahnya pengawasan, dan anggaran. Solusi yang dilakukan adalah, mengadakan diskusi bersama antar guru, memberikan pelatihan/diklat, mencari informasi dari pihak lain, dan mengadakan sosialisasi antara wali murid dengan pihak sekolah.
Saran yang dapat disampaikan peneliti adalah (1) Sekolah hendaknya lebih memperhatikan kualitas mengajar guru yang belum maksimal dalam menerapkan strategi PAIKEM, (2) Guru hendaknya lebih kreatif dalam mengajar, (3) Siswa dituntut untuk aktif dan kreatif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Abd. Kadir
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qomariyah, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Keywords: Strategi PAIKEM; Pembelajaran Fiqih
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2012
Last Modified: 15 Apr 2015 07:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9863

Actions (login required)

View Item View Item