This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
nuroniyah, lailatun (2016) Implementasi program Full Day School dalam menanamkan spiritualitas peserta didik di SMP Asa Cendikia Sedati. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (765kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (467kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (569kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (361kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 6.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (251kB) | Preview |
Abstract
Fullday school mengandung arti program pendidikan yang menerapkan pembelajaran atau kegiatan belajar mengajar sehari penuh dengan memadukan program pengajaran yang intensif yakni dengan menambah jam pelajaran untuk pendalaman materi pelajaran serta pengembangan diri dan kreatifitas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui program fullday school yang ada di SMP Asa Cendikia Sedati Sidoarjo. Untuk mengetahui upaya guru dalam penanaman spiritualitas peserta didik SMP Asa Cendikia Sedati Sidoarjo serta untuk mengetahui Implementasi program Fullday School dalam penanaman spiritualitas peserta didik di SMP Asa Cendikia Sedati Sidoarjo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan subyek penelitian peserta didik dan guru di SMP Asa Cendikia Sedati Sidoarjo.Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program Full Day School dalam berbagai macam pendekatan, seperti: pembelajaran klasikal, pembiasaan, outing class, keteladanan, dan pergaulan. Dalam implementasinya terdapat dinamika pembelajaran seperti adanya penerapan metode belajar yang variatif, English and Arabic Club, dan budaya senyum sapa salam. Faktor pendukungnya yaitu, Pertama, meningkatnya motivasi dan kesadaran peserta didik dalam proses belajar mengajar. Kedua, meningkatnya religiusitas peserta didik (tahfidz, sholat dhuha, sholat wajib, dll), Ketiga, meningkatnya prestasi akademik peserta didik. Keempat, waktu bagi peserta didik lebih efektif (di satu sisi orang tua merasa nyaman). Faktor penghambatnya yaitu, Pertama, peserta didik merasa bosan dan jenuh. Kedua, peserta didik juga merasa kelelahan dan lemas selama berada di sekolah sehari penuh. Ketiga, sebagian guru juga merasa kelelahan, dan Keempat, guru tidak bisa memberi pekerjaan rumah seleluasa dirinya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan | ||||||||
Keywords: | Full Day; Spiritualitas | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Nuroniyah Lailatun | ||||||||
Date Deposited: | 29 Aug 2016 04:05 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jan 2020 08:58 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12543 |
Actions (login required)
View Item |