This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Safitri, Nurul Jannah (2024) Pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas V di MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Nurul Jannah SafitriI_06030720060 full.pdf Restricted to Repository staff only until 7 June 2027. Download (6MB) |
|
Text
Nurul Jannah SafitriI_06030720060.pdf Download (6MB) |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini yaitu terdapat 26 dari 35 siswa yang mengalami kesulitan dalam menulis teks eksposisi. Hal ini terlihat ketika siswa kebingungan memulai menulis teks eksposisi karena kurangnya informasi sehingga siswa kesulitan menentukan topik yang sesuai dan mengembangkan ide mereka.Tak hanya itu, pembelajaran terlihat kurang aktif karena guru terbatas pada model pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan adanya pengaruh model pembelajaran Probing-Prompting terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas V MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimen dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas V MINU Ngingas Waru Sidoarjo dengan pemilihan sampel menggunakan purposive sampling yaitu kelas V-A sebagai kelas kontrol dan kelas V-B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu tes berupa pretes dan postes menulis teks eksposisi, observasi, dan dokumengtasi. Adapun teknik dalam analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (independent sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada perbedaan keterampilan menulis teks eksposisi kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan uji -t signifikasi (2-tailed) 0,000 < 0,05. 2) Nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 77,43 daripada kelas kontrol 65,15. 3) Ketelaksanaan model pembelajaran probing prompting mencapai nilai 91 sehingga model pembelajaran probing prompting berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas V MINU Ngingas Waru Sidoarjo.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Menulis Pendidikan |
||||||||||||
Keywords: | Model pembelajaran; probing prompting; keterampilan menulis; teks eksposisi | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Nurul Safitri | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Jun 2024 07:47 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Jun 2024 07:47 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70504 |
Actions (login required)
View Item |