Pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas V di MINU Ngingas Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safitri, Nurul Jannah (2024) Pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas V di MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Jannah SafitriI_06030720060 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 June 2027.

Download (6MB)
[img] Text
Nurul Jannah SafitriI_06030720060.pdf

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu terdapat 26 dari 35 siswa yang mengalami kesulitan dalam menulis teks eksposisi. Hal ini terlihat ketika siswa kebingungan memulai menulis teks eksposisi karena kurangnya informasi sehingga siswa kesulitan menentukan topik yang sesuai dan mengembangkan ide mereka.Tak hanya itu, pembelajaran terlihat kurang aktif karena guru terbatas pada model pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan adanya pengaruh model pembelajaran Probing-Prompting terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas V MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimen dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas V MINU Ngingas Waru Sidoarjo dengan pemilihan sampel menggunakan purposive sampling yaitu kelas V-A sebagai kelas kontrol dan kelas V-B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu tes berupa pretes dan postes menulis teks eksposisi, observasi, dan dokumengtasi. Adapun teknik dalam analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (independent sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada perbedaan keterampilan menulis teks eksposisi kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan uji -t signifikasi (2-tailed) 0,000 < 0,05. 2) Nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 77,43 daripada kelas kontrol 65,15. 3) Ketelaksanaan model pembelajaran probing prompting mencapai nilai 91 sehingga model pembelajaran probing prompting berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas V MINU Ngingas Waru Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safitri, Nurul Jannah06030720060@student.uinsby.ac.id06030720060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlfin, Jauharotialfin_ftkuinsa@yahoo.com2006067301
Thesis advisorJuhaeni, Juhaenithinasafar@gmail.com2030078604
Subjects: Menulis
Pendidikan
Keywords: Model pembelajaran; probing prompting; keterampilan menulis; teks eksposisi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurul Safitri
Date Deposited: 07 Jun 2024 07:47
Last Modified: 07 Jun 2024 07:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70504

Actions (login required)

View Item View Item