Strategi public relations dalam membangun citra perusahaan di PT Ebad Al Rahman wisata tour and travel haji dan umrah Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nabila, Salmah (2023) Strategi public relations dalam membangun citra perusahaan di PT Ebad Al Rahman wisata tour and travel haji dan umrah Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Salmah Nabila_04020420049 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Salmah Nabila_04020420049 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 November 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Strategi Public Relations dalam membangun citra perusahaan di PT Ebad Al Rahman Wisata Tour and Travel Haji dan Umroh Sidoarjo dan faktor pendukung serta faktor penghambat terkait penerapan strategi Public Relations. Pada penelitian kali ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah in – depth interview, particiant observation serta dokumentasi. Teknik validitas yang digunakan adalah triangulasi metode, triangulasi sumber data dan triangulasi teori. Dan untuk analisis data peneliti menggunakan pendekatan Mils dan Huberman. Hasil dari penelitian ini adalah PT Ebad Al Rahman Wisata mampu menerapkan Strategi Public Relations dalam menmbangun citra perusahaan. pertama untuk menjalankan 6 perencanaan aktivitas manajemen untuk mencapai tujuan bersama dimana hal tersebut mencakup kepentingan umum dan perusahaan. Kedua, mampu memberikan pelayanan yang baik kepada setiap Jemaah melalui pendekatan yang baik antara customer service dengan Jemaah. Ketiga, penyampaian informasi produk yang dibutuhkan oleh Jemaah yang selalu disampaikan melalu platform media online yang dimiliki oleh PT Ebad Al Rahman Wisata. Keempat, menjalin hubungan yang harmonis dengan para Jemaah baik yang sudah maupun yang belum berangkat, bagi Jemaah yang sudah berangkat, kritik saran dan pesan akan dijadikan bahan evaluasi selanjutnya. Kelima menjadi fasiliator komunikasi antara Jemaah dengan PT Ebad AL Rahman Wisata sebagai modal Public Relations dalam menemukan problem yang akan disampaikan oleh Jemaah. Sedangkan yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan strategi Public Relations dalam membangun citra perusahaan di PT Ebad Al Rahman Wisata Tour and Travel Haji dan Umroh Sidoarjo. Faktor pendukung terdapat lima hal yaitu, Faktor pendukung yang pertama adalah memanfaatkan perkembangan teknologi dalam menerapkan Public Relations, terdaftarnya PT Ebad Al Rahman Wisata di 7 PPIU dan PIHK Kemenag, kemitraan PT Ebad Al Rahman Wisata, dan pimpinan PT Ebad Al Rahman Wisata yang dikenal oleh banyak Jemaah. Faktor penghambat terdapat tiga hal yaitu, faktor penghambat pertama semakin banyaknya pesaing tour travel baru yang hadir dengan merusak harga pasar, faktor penghambat kedua harga paket umrah dan haji plus yang berubah – ubah dan perubahan media massa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nabila, Salmahsalmahnabilaok@gmail.com04020420049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBramayuda, Airlanggabram@uinsby.ac.id2014127901
Subjects: Dakwah > Dakwah - Islam
Dakwah > Bimbingan Ibadah Haji
Dakwah > Dakwah - Manajemen
Keywords: strategi Public Relation; Citra; travel Haji dan Umrah.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Salmah Nabila
Date Deposited: 13 Nov 2024 01:26
Last Modified: 13 Nov 2024 01:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74319

Actions (login required)

View Item View Item