This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rahmawati, Putri Eka (2024) Strategi guru dalam literasi peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTS Al-Mu'awanah Candi Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Putri Eka Rahmawati_06040120095 OK.pdf Download (1MB) |
|
Text
Putri Eka Rahmawati_06040120095 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 22 November 2027. Download (4MB) |
Abstract
Materi SKI bisa disebut juga pelajaran yang berisikan peristiwa-peristiwa yang terjadi, banyak narasi, seperti banyaknya nama-nama, tempat tahun, wafat, yang memiliki sifat knowledge. Pelajaran ini bisa dikatakan permbelajaran yang membosanka karenan membutuhkan banyak narası di dalamnya. Salah satu strategi guru dalam pembelajaran ini adalah dengan menerapkan literasi. Literasi sendiri merupakan kemahiran berbahasa seseorang yang meliputi kemahiran menyimak, berbicara, menulis dan membaca serta kemahiran berfikir yang menjadi bagian didalamnya. Dalam penelitian ini memiliki beberapa rumusan masalah antara lain: (1) Bagaimana perencanaan guru dalam menumbukan literasi pada mata pelajaran SKI di MTS Al-Mu'awanah Candi Sidoarjo? (2) Bagaimana strategi guru dalam menumbuhkan literasi terhadap mata pelajaran SKI di MTS Al-Mu'awanah Candi Sidoarjo (3) Bagaimana hasil dari strategi dalam menumbuhkan literasi pada mata pelajaran SKI di MTS Al-Mu'awanah Candi Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perancanaan pembelajaran dan keberagaman strategi guru dalanı menumbuhkan literasi pada mata pelajaran SKI serta hasil dari penerapan strategi guru yang berlokasi di MTS Al-Muawanah Candi Sidoarjo.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data dalam penelitian ini berasal dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta teknik yang digunakan ada tiga tahapan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Penelitian ini menunjukkan hasil yaitu: (1) Perencanaan guru dalam upaya menumbuhkan literasi diantaranya dengan menyusunan materi, media, metodu alokasi waktu yang memiliki unsur dalam menanamkan literasi di dalamnya. (2) Adapun strategi yang diterapkan dalam menumbuhkan literasi pada mata pelajaran SKI yaitu: startegi SQ3R (Survei, Quation, Read, Recite, Review), strategi membaca tanya jawab MTJ atau Request (reading-quation), story telling, strategi guide reading, dan kepenulisan (3) Hasil dari penerapan strategi dalam menumbuhkan literasi pada mata pelajaran SKI diantaranya: sikap senang dan ceria, keterlibatan siswa dalam berliterasi saat pembelajaran SKI, bersemangat dan selalu tertarik untuk berliterasi.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Belajar Guru Sejarah Peradaban Islam |
||||||||||||
Keywords: | Strategi Guru; Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Putri Eka Rahmawati | ||||||||||||
Date Deposited: | 22 Nov 2024 01:15 | ||||||||||||
Last Modified: | 22 Nov 2024 01:15 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74336 |
Actions (login required)
View Item |