Pengembangan modul PAI berbasis pendidikan karakter menggunakan model ADDIE di SMP Negeri 1 Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'arani, Nur Hidayah Firdaus (2024) Pengembangan modul PAI berbasis pendidikan karakter menggunakan model ADDIE di SMP Negeri 1 Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Hidayah Firdaus Sa'arani_06040121119 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Nur Hidayah Firdaus Sa'arani_06040121119 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 January 2028.

Download (4MB)

Abstract

Pada masa yang serba canggih dan dibilang modern seperti sekarang ini seluruhnya telah menggunakan teknologi. Dapat dilihat pada kehidupan sehari-hari anak setiap harinya bisa mengakses internet dengan bebas dan mencari tahu apapun dengan mudah. Namun jika semua itu tidak didasari dengan pendidikan maka akan mengakibatkan krisis moral, kurang disiplin, dan semacamnya. Didasarkan pada kenyataan tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian pengembangan (R&D) dengan mengembangkan bahan ajar berupa e-modul dan modul PAI Berbasis Pendidikan Karakter di SMP Negeri 1 Lamongan. . Untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah pengembangan modul PAI berbasis Pendidikan karakter menggunakan model ADDIE di SMPN 1 Lamongan. Bagaimana tingkat validitas Pengembangan Modul PAI Berbasis Pendidikan Karakter menggunakan Model ADDIE di SMP Negeri 1 Lamongan menurut ahli materi dan ahli media, serta bagaimana tingkat fleksibilitas penggunaan bahan ajar modul PAI Berbasis Pendidikan Karakter menggunakan Model ADDIE di SMP Negeri 1 Lamongan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Reaserch and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model ADDIE dengan menggunakan 5 tahapan yakni (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi produk oleh ahli materi dan ahli media melalui lembar angket validasi kelayakan produk diperoleh nilai rata-rata 81,85% dengan kategori valid, dan layak digunakan dengan revisi. Hasil pengisian angket respon guru dan siswa terhadap fleksibilitas penggunaan produk diperoleh nilai rata-rata 84,4% kategori fleksibel dan layak digunakan dengan revisi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'arani, Nur Hidayah Firdausnursaarani29@gmail.com06040121119
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSalamah, Husniyatushusniyatussalamah@uinsby.ac.id2021036901
Thesis advisorRohman, Fathurfathur1173@gmail.com2030117301
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Pengembangan; modul PAI; pendidikan karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Hidayah Firdaus Sa'arani
Date Deposited: 10 Jan 2025 02:45
Last Modified: 10 Jan 2025 02:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75308

Actions (login required)

View Item View Item