Implementasi metode technology acceptance model (TAM) dan end user computing satisfaction (EUCS) terhadap kepuasan pengguna aplikasi “alpukat betawi”

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aziz, Ariiq Thufeil Shidqul (2024) Implementasi metode technology acceptance model (TAM) dan end user computing satisfaction (EUCS) terhadap kepuasan pengguna aplikasi “alpukat betawi”. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ariiq Thufeil Shidqul Aziz_H96219041 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ariiq Thufeil Shidqul Aziz_H96219041 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 January 2028.

Download (3MB)

Abstract

Teknologi informasi dan komulnikasi saat ini telah berkembang dan merambah berbagai bidang. Saat ini pemerintah menemui adanya permasalahan dalam pelayanan publik, contohnya seperti pelayanan yang kurang efektif, rendahnya efisiensi, serta kualitas karyawan yang kurang memuaskan. Salah satu cara pemerintah untuk mengatasinya yaitu membuat aplikasi berbasis elektronik yaitu pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil yang dilakukan oleh Dukcapil Provinsi DKI bagi masyarakat melalui aplikasi “Alpukat Betawi” singkatan dari Akses Langsung Pelayanan dokUmen Kependudukan cepAt dan akuraT yang dapat diakses oleh warga DKI Jakarta. Aplikasi ini punya rating dan ulasan yang belum cukup baik dan tidak sedikit yang memberikan ulasan buruk pada aplikasi ini. Oleh karena itu aplikasi “Alpukat Betawi” perlu dilakukan evaluasi terkait tingkat kepuasan penggunanya. Model penelitian yang digunakan adalah model integrasi antara Technology Acceptance Model (TAM) dan End User Computing Satisfaction (EUCS). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengukuran kepuasan aplikasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah PLS dengan menggunakan software SmartPLS. Sampel pada penlitian ini sebanyak 100 warna DKI Jakarta yang menggunakan aplikasi “Alpukat Betawi”. Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dengan melakukan uji validitas, reliabilitas, uji hipotesis untuk mengukur Tingkat kepuasan. Hasil penelitian ini menunjukkan satu indikator tidak valid dan dihilangkah. Sedangkan untuk uji hipotesis, dari 8 hipotesis yang diuji hanya 2 yang berpengaruh positif dan signifikan atau diterima yaitu Sikap (Attitudee) teerhadap Keepuasan Peengguna (Useer Satisfactioen) dan Keebeermanfaatan (Peerceeiveed Useefullneess) teerhadap Sikap (Attitudee). Lalu untuk tingkat kepuasan aplikasi, “Alpukat Betawi” memiliki 79.2% yang artinya implementasi aplikasi “Alpukat Betawi” dinyatakan puas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aziz, Ariiq Thufeil Shidqulfeilariiq29@gmail.comH96219041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRidwan, Mujibmujibrw@uinsa.ac.id2027048602
Thesis advisorFarista, Prasasti Karuniaprasasti.ananto@uinsby.ac.id202111013
Subjects: Layanan
Masyarakat
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Technology Acceptance Model; End User Computing Satisfaction; SmartPLS; Tingkat Kepuasan; Alpukat Betawi.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Ariiq Thufeil Shidqul Aziz
Date Deposited: 15 Jan 2025 01:09
Last Modified: 15 Jan 2025 01:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75555

Actions (login required)

View Item View Item