Efektivitas model pembelajaran kooperatif jigsaw berbantuan media wordwall terhadap keterampilan berpikir kreatif pada materi kalor kelas VII di MTs Negeri 3 Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukaromah, Sa'ida Umi (2025) Efektivitas model pembelajaran kooperatif jigsaw berbantuan media wordwall terhadap keterampilan berpikir kreatif pada materi kalor kelas VII di MTs Negeri 3 Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sa'ida Umi Mukaromah_06011021012.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Sa'ida Umi Mukaromah_06011021012_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 January 2028.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang kurang meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas VII di MTs Negeri 3 Kota Surabaya. Hal ini disebabkan model pembelajaran yang diterapkan konvensional. Hal ini disebabkan kurangnya pengajaran yang diterapkan diterapkan dalam hal berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif jigsaw berbantuan media wordwall terhadap keterampilan berpikir kreatif pada materi kalor. Penelitian ini menggunakan pretest dan posttest control group design. Desain penelitian menggunakan dua kelompok eksperimen dan kontrol. Populasi penelitian ini mencakup seluruh peserta didik kelas VII MTs Negeri 3 Kota Surabaya Tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian ini kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII F sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui tes, observasi dan angket. Data penelitian dianalisis menggunakan uji Mann Whitney dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif jigsaw berbantuan media wordwall yang dilakukan peserta didik terdapat perbedaan yang dilihat dari uji Mann-Whitney dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Peningkatan pada kelas eksperimen lebih besar 0,5696 sementara pada kelas kontrol sebesar 0,2681 dilihat dari uji N-Gain. Semua indikator berpikir kreatif lebih tinggi di kelas eksperimen. Keterampilan pengelolahan kelas oleh guru memperoleh hasil rat-rata 94 dan aktivitas yang aktivitas peserta didik memperoleh hasil yang sama. Angket respon menunjukkan perolehan hasil yang baik dengan rata-rata 88

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukaromah, Sa'ida Umisaidaumi01@gmail.com06011021012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJariyah, Ita Ainunita.ainun@uinsby.ac.id0705128601
Thesis advisorZummah, Atiqohatiqoh.zummah@uinsby.ac.id199111112019032026
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Penelitian
Penelitian

Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Model pembelajaran kooperatif jigsaw; keterampilan berpikir kreatif; wordwall
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Sa'ida Umi Mukaromah
Date Deposited: 16 Jan 2025 06:22
Last Modified: 16 Jan 2025 06:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75915

Actions (login required)

View Item View Item