This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Wandari, Devita Ayu (2024) Pengaruh konseling Islam dengan teknik reinforcement negatif terhadap peningkatan kedisilinan remaja di Desa Tropodo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Devita Ayu Wandari_04040321110.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Devita Ayu Wandari_04040321110_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 11 February 2028. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling islam dengan teknik reinforcement negatif terhadap peningkatan kedisiplinan belajar seorang remaja di desa tropodo. Dalam penelitian ini menggunakan metode single-subject research (SSR) digunakan untuk mengevaluasi treatment yang diterapkan pada satu subjek atau satu orang saja.Desain penelitian yang di gunakan adalah A-B-A. Tahap A1 sebagai pengambilan data pada saat sebelum dilaksanakan konseling atau diberikan treatment untuk mendapatkan data yang stabil, pada tahap B yakni pengumpulan data pada sesi konseling yang bertujuan mengukur pengaruh intervensi yang telah di lakukan, pada tahap A2 bertujuan untuk melihat pengaruh dari intervensi setelah tidak lagi diberikan konseling. Tahap Bseline 1 dilaksanakan sebanyak 3 sesi untuk mengukur tingkat kestabilan perilaku yang dialami oleh konseli dengan cara observasi yang dilakukan dengan waktu 1 pekan untuk 1 sesi hingga data terlihat stabil. Pada tahap Intervensi dilakukan sebanyak 3 sesi pada rentang waktu 6 hari untuk melihat pengaruh intervensi selama proses konseling. Pada tahap Baseline 2 dilakukan sebanyak 1 sesi pada rentang waktu satu pekan untuk melihat pengaruh perubahan perilaku setelah tidak lagi diberikan konseling. Hasil penelitian ini menunjuk kan bahwa Konseling islam dengan teknik reinforcement negatif berpengaruh dalam meningkatkan kedisiplinan belajar, yang meliputi kepatuhan terhadap peraturan, pengendalian diri. Persentase keberhasilan terapi ini ditandai dengan hasil overlab 0% yang menandakan bahwa konseling islam dengan teknik reinforcement negetif berpengaruh terhadap peningkatan kedisiplinan belajar.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Remaja | ||||||||||||
Keywords: | Konseling Islam; reinforcement negatif; kedisiplinan belajar | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam | ||||||||||||
Depositing User: | devita wandari | ||||||||||||
Date Deposited: | 11 Feb 2025 02:46 | ||||||||||||
Last Modified: | 11 Feb 2025 02:46 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77228 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |