Persepsi kualitas layanan dan perilaku pengambilan keputusan jamaah terhadap pembelian Umroh PT. Intanaya tour and travel

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afifah, Aribati Julia (2025) Persepsi kualitas layanan dan perilaku pengambilan keputusan jamaah terhadap pembelian Umroh PT. Intanaya tour and travel. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aribati Julia Afifah_08040421198 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 February 2028.

Download (3MB)
[img] Text
Aribati Julia Afifah_08040421198.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi jamaah terhadap kualitas layanan dan perilaku pengambilan keputusan dalam memilih layanan umroh yang disediakan oleh PT. Intanaya Tour and Travel. Penelitian ini berfokus pada faktor-faktor seperti kualitas makanan, akomodasi, pembimbing ibadah, komunikasi, transparansi biaya, serta pengaruh harga dan rekomendasi sosial yang memengaruhi keputusan jamaah dalam membeli paket umroh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara mendalam terhadap jamaah yang telah menggunakan layanan PT. Intanaya Tour and Travel. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa faktor harga dan rekomendasi sosial dari keluarga atau teman menjadi elemen penting yang memengaruhi keputusan jamaah, meskipun harga paket yang ditawarkan lebih tinggi dibandingkan dengan penyedia lainnya. Jamaah merasa bahwa kualitas layanan yang diterima sebanding dengan biaya yang dikeluarkan. Penelitian ini menyarankan peningkatan komunikasi, transparansi biaya, serta kualitas makanan dan akomodasi untuk meningkatkan kepuasan jamaah secara keseluruhan. Keterbatasan penelitian ini terletak pada cakupan responden yang hanya berasal dari beberapa kota besar, penelitian selanjutnya disarankan menggunakan sampel yang lebih besar serta menerapkan metode tambahan, seperti survei atau observasi langsung untuk memperoleh pemahaman yang lebih menyeluruh mengenai kepuasan jamaah dalam pembelian paket umroh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar jamaah merasa puas terhadap pelayanan administrasi, pembimbing ibadah (mutawif), dan pelayanan di Tanah Suci. Namun, terdapat beberapa kendala yang memengaruhi keputusan jamaah, seperti ketidakpuasan terhadap aspek tangibles (ketidakpuasan fasilitas yang dijanjikan dan kualitas makanan yang kurang memuaskan), reliability (kurangnya transparansi biaya), responsiveness (ketidakresponsifan dalam penyampaian informasi penting dalam perubahan jadwal). Faktor-faktor ini menjadi kendala yang memengaruhi tingkat kepuasan jamaah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afifah, Aribati JuliaAribatiafifah03@gmail.com08040421198
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSamsuri, Andrianiandriani@uinsby.ac.id2002087603
Subjects: Layanan
Pengambilan Keputusan
Konsumen
Keywords: Persepsi jamaah; perilaku pengambilan keputusan; kualitas layanan; umroh; komunikasi; kepuasan pelanggan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aribati Julia Afifah
Date Deposited: 12 Feb 2025 07:41
Last Modified: 12 Feb 2025 07:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77686

Actions (login required)

View Item View Item