This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Lutfah, Nikmatul (2024) فعالية استخدام وسيلة Zoho Challange عبر الإنترنت لترقية مهارتي القراءة والكتابة لطلاب الصف السابع في مدرسة الهداية المتوسطة النموذجية كوطوريجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Nikmatul Lutfah_D72219041 OK.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Nikmatul Lutfah_D72219041 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 28 July 2028. Download (3MB) |
Abstract
Pembelajaran Bahasa Arab merupakan aspek fundamental dalam penguasaan bahasa yang digunakan dalam Al-Qur'an, hadis, dan karya-karya klasik Islam. Bahasa arab memiliki empat keterampilan berbahasa yaitu berbicara, mendengar, membaca, dan menulis. Penelitian ini telah mengambil dua aspek penguasaan yaitu maharah qira’ah wa kitabah. Dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran, penggunaan media pembelajaran yang inovatif sangat diperlukan. Zoho Challenge, sebagai media berbasis web, menyediakan platform yang memungkinkan siswa untuk berlatih dan mengembangkan keterampilan membaca dan menulis dengan cara yang menyenangkan dan menantang. Penelitian ini memiliki tujuan, yaitu: (1) Mengetahui bagaimana keterampilan Qira’ah wa Kitabah kelas VII di SMP Unggulan Al-Hidayah Kutorejo, (2) Mengetahui penggunaan media zoho challenge berbasis web untuk meningkatkan maharah qira’ah wa kitabah kelas VII di SMP Unggulan Al-Hidayah Kutorejo, (3) Mengetahui efektivitas penggunaan media zoho challenge berbasis web untuk meningkatkan maharah qira’ah wa kitabah kelas VII di SMP Unggulan Al-Hidayah Kutorejo Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan uji “T-test”. Adapun pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Sedangkan teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel kelas VII-B SMP Unggulan Al-Hidayah Kutorejo. Hasil dari analisis Berdasarkan tabel dapat diketahui nilai uji statistik p-value 0,001 < 0,05, maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam uji dapat disimpulkan H0 ditolak yang artinya terdapat efektivitas media Zoho Challenge berbasis web untuk meningkatkan maharah qira'ah wa kitabah siswa kelas 7 di SMP Unggulan Al-Hidayah yang signifikan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Bahasa Arab Pendidikan Pendidikan > Media |
||||||||||||
Keywords: | Media Pembelajaran; Zoho Challenge; Keterampilan Qira’ah dan Kitabah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||||||
Depositing User: | Nikmatul Lutfah | ||||||||||||
Date Deposited: | 27 Jul 2025 17:15 | ||||||||||||
Last Modified: | 27 Jul 2025 17:15 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77830 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |