This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Al Hanany, Amilia Faradhina (2025) Pengaruh kualitas layanan dan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan pada pengguna jasa transportasi publik Trans Jatim. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text
Amilia Faradhina Al Hanany_11040121133 OK.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Amilia Faradhina Al Hanany_11040121133 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 28 April 2028. Download (4MB) |
Abstract
Transportasi publik di Jawa Timur, seperti Trans Jatim, berperan penting dalam meningkatkan mobilitas masyarakat. Meskipun telah berkembang dengan penambahan koridor dan armada, aspek dari segi kepuasan pelanggan juga perlu diperhatikan, diantaranya yakni kualitas layanan dan persepsi harga yang menjadi faktor kepuasan pengguna. Melibatkan 437 pengguna Trans Jatim dari Koridor I hingga Koridor V, penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas layanan dan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan. Skala yang digunakan mengacu pada teori Kotler & Keller (2016) untuk kepuasan pelanggan (α=.971), teori Servqual Parasuraman dkk. (1998) untuk kualitas layanan (α=.962), dan teori Kotler & Armstrong (2010) untuk persepsi harga (α=.907). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner google form. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin kualitas layanan berpengaruh positif dan persepsi harga juga memiliki pengaruh yang positif, Secara simultan, kualitas layanan dan persepsi harga terbukti sebagai prediktor kepuasan pelanggan dengan nilai sebesar 71%. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengembangan sistem transportasi yang lebih efisien, nyaman, dan terjangkau. Disarankan untuk penelitian berikutnya agar menambah jumlah variabel dan sampel, guna memperluas wawasan, menghasilkan temuan yang lebih baru, serta meningkatkan tingkat akurasi hasil penelitian.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Layanan Psikologi Konsumen |
||||||||
Keywords: | Kepuasan pelanggan; kualitas layanan; persepsi harga | ||||||||
Divisions: | Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi | ||||||||
Depositing User: | Amilia Faradhina Al-Hanany | ||||||||
Date Deposited: | 28 Apr 2025 05:16 | ||||||||
Last Modified: | 28 Apr 2025 05:16 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79844 |
Available Versions of this Item
Actions (login required)
![]() |
View Item |