Analisis iklan gojek versi youtube di masa covid-19

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lila, Nur'aini Kurnia (2024) Analisis iklan gojek versi youtube di masa covid-19. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur'aini Kurnia Lila_B05218028.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Nur'aini Kurnia Lila_B05218028_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 May 2028.

Download (1MB)

Abstract

Salah satu perusahaan yang berkontribusi dalam memberikan pengetahuan tentang bahaya Covid-19 dan protokol perlindungan dalam mencegah penyebarannya yaitu Gojek Indonesia. Gojek membuat sebuah video iklan sebagai bentuk komitmen dalam mendukung pencegahan penyebaran virus covid. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa iklan Gojek versi Youtube dengan judul “Komitmen Bersama untuk Lewati Pandemi Covid-19” apakah merupakan iklan komersil atau iklan layanan masyarakat, serta mengetahui dampak iklan Gojek dalam memberikan pengaruhnya kepada masyarakat. Penelitian ini merupakan jenis kualitatif dengan pendekatan framing analysis. Peneliti telah melakukan wawancara kepada 5 orang informan dan diperoleh hasil bahwa iklan Gojek “Komitmen Bersama untuk Lewati Pandemi Covid-19” termasuk ke dalam iklan komersil karena tujuan akhirnya adalah untuk lebih banyak menarik minat konsumen dalam menggunakan layanan Gojek. Selain itu, pada iklan diselipkan tindakan Corporate Social Responsibility perusahaan Gojek Indonesia kepada mitra Gojek sebagai garda terdepan untuk membantu masyarakat. Dampak yang diberikan kepada masyarakat tentang iklan Gojek bahwa konsumen dapat merasa lebih aman dalam menggunakan layanan Gojek karena mitra Gojek bersedia menjadi garda terdepan bagi masyarakat selama pandemi dan mengabaikan kekhawatiran akan tertular virus Covid-19 agar masyarakat dapat tetap menjalankan aktivitasnya meskipun hanya #DirumahAja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lila, Nur'aini Kurnianurainikurnialila@gmail.comB05218028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZubaidi, Advan Navisadvan@uinsby.ac.id2018118301
Subjects: Ilmu Komunikasi
Iklan
Komunikasi
Keywords: Iklan komersil; iklan layanan masyarakat; youtube; gojek
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Nur'aini Kurnia Lila
Date Deposited: 06 May 2025 03:04
Last Modified: 06 May 2025 03:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80075

Actions (login required)

View Item View Item