Analisis dampak media sosial tiktok terhadap akhlak dan moral anak usia dini berdasarkan perspektif guru dan orang tua : studi kasus di TK Al-Fikri Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahyarini, Felisa Putri (2025) Analisis dampak media sosial tiktok terhadap akhlak dan moral anak usia dini berdasarkan perspektif guru dan orang tua : studi kasus di TK Al-Fikri Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Felisa Putri Cahyarini_06010921007 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Felisa Putri Cahyarini_06010921007 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 June 2028.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena meningkatnya penggunaan TikTok di kalangan anak usia dini, yang dapat membawa dampak terhadap perkembangan akhlak dan moral mereka. Anak-anak pada usia ini cenderung meniru perilaku yang mereka lihat di media sosial yang dapat mempengaruhi sikap dan nilai moral mereka dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui dampak media sosial TikTok terhadap akhlak dan moral anak usia dini berdasarkan perspektif guru di TK Al-Fikri Sidoarjo. 2) Untuk mengetahui dampak media sosial TikTok terhadap akhlak dan moral anak usia dini berdasarkan perspektif orang tua di TK Al-Fikri Sidoarjo. 3)Untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru dan orang tua dalam menanamkan nilai akhlak dan moral anak dengan adanya media sosial TikTok di era digital pada anak di TK AL-Fikri Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan guru dan orang tua, observasi terhadap perilaku anak, serta analisis dokumen terkait. Subjek pada penelitian ini adalah wali kelas kelompok B serta orangtua dari 4 siswa kelompok B. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif untuk memahami pengaruh TikTok terhadap perkembangan akhlak anak serta upaya yang dilakukan oleh guru dan orang tua dalam menanamkan nilai moral. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan TikTok berdampak pada perilaku anak, baik dalam aspek positif maupun negatif. Beberapa anak menunjukkan kecenderungan meniru gerakan tarian atau bahasa yang tidak sesuai dengan usia mereka. Namun, dengan pendampingan yang tepat, TikTok juga dapat digunakan sebagai media edukatif. Adapun upaya guru dan orang tua siswa dalam menanamkan moral dan akhlak anak seperti memberikan batasan waktu penggunaan gadget, mengawasi konten yang dikonsumsi, serta menanamkan nilai-nilai agama dan etika dalam kehidupan sehari-hari. Kerja sama melalui pertemuan rutin juga dilakukan untuk mengoptimalkan pembentukan karakter anak secara konsisten.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahyarini, Felisa Putriputrifelisaaaaa@gmail.com06010921007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbdillah, Husniabdillahhusni.ha@gmail.com0724128602
Thesis advisorPangastuti, Ratnaratnapangastuti@hotmail.com2003118103
Subjects: Media Sosial
Persepsi Guru
Orang tua dan Anak
Keywords: TikTok; Perkembangan Moral Anak; Perspektif Guru dan Orang Tua
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Felisa Cahyarini
Date Deposited: 11 Jun 2025 03:58
Last Modified: 11 Jun 2025 03:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80921

Actions (login required)

View Item View Item