Pegaruh penerapan model project based learning terhadap motivasi belajar pendidikan agama islam dan budi pekerti peserta didik di kelas VII SMP Negeri 26 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anshori, Dina Khasana (2023) Pegaruh penerapan model project based learning terhadap motivasi belajar pendidikan agama islam dan budi pekerti peserta didik di kelas VII SMP Negeri 26 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dina Khasana Anshori_D91219107 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Dina Khasana Anshori_D91219107 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 June 2028.

Download (1MB)

Abstract

Berawal dari menurunnya motivasi belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti akibat dari pemilihan metode ceramah yang monoton membuat peserta didik mudah bosan. Oleh karenanya, dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk membuktikan ada atau tidak pengembangan motivasi belajar peserta didik apabila menggunakan proyek pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) yang dianalisis melalui pendekatan kuantitiaf dengan menerapkan metode eksperimen posttest-only control design, yakni menggunakan dua kelas, kelas eksperimen yang diberi perlakuan berupa penerapan model project based learning dan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan. Adapun pengumpulan data memanfaatkan teknik observasi, wawancara, angket/kuesioner, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan model project based learning terhadap motivasi belajar PAI dan Budi Pekerti peserta didik di kelas VII SMP Negeri 26 Surabaya. Dilihat dari hasil perhitungan uji T-test berupa Indepent Sample T-test melalui bantuan aplikasi SPSS didapatkan perbedaan tingkat motivasi belajar PAI dan Budi Pekerti antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dimana nilai sig. (2-tailed) < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikasi antara motivasi belajar PAI dan Budi Pekerti peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anshori, Dina Khasanadinakhasana9601@gmail.comD91219107
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.co.id2029116901
Thesis advisorHunaida, Wiin Luqnawiwinluqna@uinsby.ac.id2002077402
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam
Keywords: Pembelajaran Project Based Learning; Motivasi Belajar Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dina Khasa Dina Khasana Anshori
Date Deposited: 10 Jun 2025 03:09
Last Modified: 10 Jun 2025 03:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80931

Actions (login required)

View Item View Item