تحليل دور برنامج مؤسسة اللغة العربية في إتقان قواعد النحو في مهارتي القراءة والكتابة لطلاب الصف السابع بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية 4 جومبانج

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Hafidhotur (2025) تحليل دور برنامج مؤسسة اللغة العربية في إتقان قواعد النحو في مهارتي القراءة والكتابة لطلاب الصف السابع بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية 4 جومبانج. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hafidhotur Rohmah_06020221037 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Hafidhotur Rohmah_06020221037 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 June 2028.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang 1) Pelaksanaan pembelajaran bahasa di lembaga Bahasa Arab MTsN 4 Jombang, 2) Peran lembaga Bahasa Arab terhadap kemampuan menguasai qowaid an-nahwiyah pada maharah qiroah dan kitabah peserta didik kelas 7 dan MTsN 4 Jombang, 3) faktor-faktor yang mempengaruhi peran lembaga Bahasa Arab terhadap kemampuan menguasai qowaid an-nahwiyah pada maharah qiroah dan kitabah peserta didik kelas 7 MTsN 4 Jombang. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan jenis pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti melakukan observasi dan wawancara dengan pihak Lembaga Bahasa Arab, guru Bahasa Arab di MTsN 4 Jombang serta, beberapa peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 7 I dan J yang berjumlah 76 peserta didik. Hasil dari penelitian ini adalah diperoleh informasi terkait pembelajaran Bahasa Arab di Lembaga Bahasa Arab dilihat dari segi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, serta evaluasi pembelajaran. Diperoleh juga beberapa peran Lembaga Bahasa Arab terhadap pemahaman qowaid an-nahwi beserta faktor-faktor yang mempengaruhi peran Lembaga Bahasa Arab seperti penggunaan metode dan media pembelajaran yang sesuai serta terciptanya lingkungan berbahasa yang mempengaruhi minat dan motivasi belajar terhadap peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Hafidhoturrahmahafidhotur@gmail.com06020221037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAzhari, Saefullahsaefullah652@gmail.com2014086502
Thesis advisorJannah, Ida Miftakhulidamj@uinsa.ac.id2006088002
Subjects: Bahasa Arab
Keterampilan
Menulis
Qira'ah
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Lembaga Bahasa Arab; Qowaid an-Nahwi; Keterampilan Membaca; Keterampilan Menulis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Hafidhotur Rohmah
Date Deposited: 24 Jun 2025 03:30
Last Modified: 24 Jun 2025 03:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81277

Actions (login required)

View Item View Item