This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Lailah, Rohadatul Aisy Firdausi (2025) فعالية تطبيق نموذج التعليم القائم على حل المشكلات باستخدام وسيلة البرقية في فهم القواعد لطلاب الصف الثاني في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الأولى سيدوارجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Rohadatul Aisy Firdausi Lailah_06040221089 OK.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Rohadatul Aisy Firdausi Lailah_06040221089 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 25 June 2028. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experiment, melibatkan siswa kelas VIII-D sebagai kelompok eksperimen dan VIII-G sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, serta tes pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media Telegram efektif meningkatkan pemahaman qowaid siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan signifikan nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen (86,75) dibandingkan kelompok kontrol (80,83), dengan nilai signifikansi 0,003 dan effect size sebesar 0,797 yang menunjukkan efektivitas yang cukup besar.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Bahasa Arab Media Sosial Bahasa Arab > Tata Bahasa |
||||||||||||
Keywords: | Pembelajaran Problem Based Learning (PBL); Media Telegram; Pemahaman Qowaid. | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||||||
Depositing User: | Rohadatul Lailah | ||||||||||||
Date Deposited: | 25 Jun 2025 08:09 | ||||||||||||
Last Modified: | 25 Jun 2025 08:09 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81345 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |