This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Pratama, David Wahyu (2025) Komodifikasi agama iklan sampo hijab zinc active : studi analisis teori semiotika Charles Sanders Pierce. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
David Wahyu Pratama_07040221052 OK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
David Wahyu Pratama_07040221052 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 28 June 2028. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk komodifikasi agama dalam iklan Zinc Hijab Active dengan menggunakan pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh fenomena meningkatnya penggunaan simbol religius, khususnya hijab, dalam media periklanan sebagai strategi promosi yang menyasar pasar muslimah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik analisis tanda berdasarkan teori triadik Peirce, yakni representamen, objek, dan interpretant, serta diklasifikasikan ke dalam jenis qualisign, sinsign, legisign, icon, index, symbol, rheme, dicent sign, dan argument. Hasil penelitian penulis menemukan temuan bahwa hijab dalam iklan tidak lagi direpresentasikan sebagai simbol ketundukan spiritual, melainkan sebagai atribut gaya hidup modern, sehat, dan aktif. Iklan Zinc Hijab Active membentuk sistem tanda yang mengaitkan nilai religius dengan citra konsumerisme melalui dimensi visual, verbal, emosional, dan teknologis. Tanda-tanda tersebut menghasilkan makna ideologis yang menempatkan agama sebagai elemen yang dapat dikapitalisasi dan dijadikan bagian dari strategi pemasaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terjadi proses komodifikasi agama yang terstruktur dalam iklan melalui pemaknaan ulang simbol keagamaan demi kepentingan pasar.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Media Sosial Promosi Telekomunikasi |
||||||||
Keywords: | Semiotic Peirce; Komodifikasi Agama; Iklan; Hijab; Zinc Hijab Active | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama | ||||||||
Depositing User: | David Wahyu Pratama | ||||||||
Date Deposited: | 28 Jun 2025 08:08 | ||||||||
Last Modified: | 28 Jun 2025 08:08 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81386 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |