Hubungan penggunaan media pembelajaran papan kantong pintar (pakapin) dengan hasil belajar siswa mata pelajaran PPKN kelas IV di MIN 2 Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shufiyah, Shara Syarifatus (2025) Hubungan penggunaan media pembelajaran papan kantong pintar (pakapin) dengan hasil belajar siswa mata pelajaran PPKN kelas IV di MIN 2 Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shara Syarifatus Shufiyah_06040721116.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Shara Syarifatus Shufiyah_06040721116_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 July 2028.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran PPKn yang belum optimal akibat rendahnya interaksi guru dan siswa serta penggunaan metode ceramah tanpa media pembelajaran yang menarik. Hal ini menyebabkan siswa kurang termotivasi, cepat bosan, dan tidak aktif dalam pembelajaran. Keberagaman karakteristik siswa semakin memperkuat kebutuhan akan pendekatan yang lebih variatif. Oleh karena itu, diperlukan inovasi melalui penggunaan media pembelajaran yang tepat guna meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian skripsi ini untuk mengetahui hubungan penggunaan media pembelajaran papan kantong pintar dengan hasil belajar siswa mata pelajaran PPKn kelas IV di MIN 2 Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Populasi pada penelitian ini yakni peserta didik kelas IV di MIN 2 Kota Surabaya yang terdiri dari 30 peserta didik kelas IV A dan 31 peserta didik kelsa IV B. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan tes berupa pilihan ganda, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji normalitas, uji hipotesis atau uji korelasi spearman rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat dan signifikan, sebagaimana ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi Spearman (rs) sebesar 0,809, yang masuk dalam kategori hubungan sangat kuat, serta nilai Sig. (<0,001) yang lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05, maka penerimaan hipotesis alternatif (Ha) dan penolakan hipotesis nol (H0). Hasil penelitian menegaskan adanya hubungan yang sangat kuat dan signifikan antara penggunaan media pembelajaran papan kantong pintar dengan hasil belajar siswa mata pelajaran PPKn kelas IV di MIN 2 Kota Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shufiyah, Shara Syarifatussharasyashu@gmail.com06040721116
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChasanah, Uswatunuswatunchasanah@uinsby.ac.id.89878786
Thesis advisorErfansyah, Nasrul Fuaderfansyah@uinsby.ac.id.2128058301
Subjects: Pendidikan > Kewargaan
Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Media papan kantong pintar; hasil belajar; PPKn
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Shara Syarifatus Shufiyah
Date Deposited: 09 Jul 2025 03:44
Last Modified: 09 Jul 2025 03:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81523

Actions (login required)

View Item View Item