This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Maulidiah, Himatul (2025) Manajemen tata usaha dalam meningkatkan layanan administrasi pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Himatul Maulidiah_06020321027.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
Himatul Maulidiah_06020321027_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 14 July 2028. Download (5MB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang manajemen tata usaha dalam meningkatkan layanan administrasi pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab fokus penelitian terkait (1) manajemen tata usaha, (2) layanan administrasi pendidikan, (3) manajemen tata usaha dalam meningkatkan layanan administrasi pendidikan, (4) kendala manajemen tata usaha dalam meningkatkan layanan administrasi pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Subjek pada penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Kepala Tata Usaha, Staf Tata Usaha, Guru, Siswa, dan Alumni. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga cara, yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahapan analisis data dalam penelitian ini yakni melalui kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Kemudian uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yang meliputi triangulasi sumber dan juga triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Manajemen tata usaha dilakukan melalui kegiatan perencanaan tata usaha, pengorganisasian staf tata usaha, pelaksanaan program tata usaha, dan juga pengawasan dari kegiatan tata usaha. (2) Layanan administrasi pendidikan dilakukan melalui PTSP yang terdapat lima bidang layanan, yaitu layanan umum/ persuratan, kepegawaian, keuangan, kesiswaan, dan sarana prasarana. (3) Implikasi dari manajemen tata usaha dalam meningkatkan layanan administrasi pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo yaitu menjadikan staf tata usaha menjadi sumber daya yang berkompeten, dapat memberikan layanan secara terstruktur dan sistematis, memberikan layanan secara cepat dan tepat, terhindar dari resiko kehilangan, pemberian layanan secara prima sehingga dapat menciptakan kepuasan pengguna layanan, dan adanya evaluasi untuk mengataasi kendala dan hambatan yang sedang dialami. Serta (4) kendala dalam proses manajemen tata usaha yaitu pada kendala jaringan yang kurang stabil dan kendala pemadaman listrik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Layanan Manajemen Manajemen Pendidikan |
||||||||||||
Keywords: | Manajemen tata usaha; layanan administrasi pendidikan | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Himatul Maulidiah | ||||||||||||
Date Deposited: | 14 Jul 2025 07:09 | ||||||||||||
Last Modified: | 14 Jul 2025 07:09 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82520 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |