This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Melinda, Dwi (2025) Analisis keterampilan metakognisi peserta didik dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan diferensiasi proses di SMA Gema 45 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Dwi Melinda_06040421068.pdf Download (27MB) |
![]() |
Text
Dwi Melinda_06040421068_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 1 August 2028. Download (27MB) |
Abstract
Keterampilan metakognisi adalah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk mengatur atau mengendalikan kognisinya sendiri dan aktivitas pembelajaran yang dilakukan untuk meningkatkan kognisi tersebut.Kurikulum merdeka menjadi kurikulum yang menekankan pembelajaran aktif dan mandiri melalui pengembangan metakognisi, tetapi dalam hal ini penerapan di sekolah masih belum optimal. Banyak peserta didik yang belum menyadari atau memanfaatkan keterampilan metakognisi secara maksimal yang terdiri dari perencanaan, pemantauan, dan evaluasi, sehingga berdampak pada rendahnya pemahaman konsep dan hasil belajar matematika. Untuk mengatasi tantangan ini, pendekatan pembelajaran diferensiasi, khususnya diferensiasi proses, dinilai mampu menyesuaikan strategi belajar dengan kebutuhan peserta didik serta meningkatkan kesadaran berpikir dan keterampilan metakognisi. Sehingga, penelitian ini penting dilakukan untuk mengisi kesenjangan tersebut dan meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keterampilan metakognisi peserta didik dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan diferensiasi proses. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus yang dilaksanakan di SMA Gema 45 Surabaya pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Subjek penelitian terdiri dari 6 peserta didik kelas X-2 SMA Gema 45 Surabaya, yaitu 2 peserta didik dengan kelompok kesiapan belajar tinggi, 2 peserta didik dengan kelompok kesiapan belajar sedang, 2 peserta didik dengan kelompok kesiapan belajar rendah. Pemilihan subjek tersebut dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data tematik dengan menggunakan model Miles and Huberman yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan metakognisi peserta didik dalam kelompok kesiapan belajar tinggi dengan pendekatan inkuiri mampu menunjukkan aktivitas dalam indikator perencanaan, pemantauan, dan evaluasi. Sedangkan peserta didik dalam kelompok kesiapan belajar sedang dengan pendekatan konstruktivisme cukup mampu menunjukkan aktivitas dalam indikator perencanaan, pemantauan dan evaluasi. Kemudian peserta didik dalam kelompok kesiapan belajar rendah dengan pendekatan kontekstual kurang mampu menunjukkan aktivitas dalam indikator perencanaan dan pemantauan, serta cukup mampu menunjukkan aktivitas dalam indikator evaluasi
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Keterampilan Matematika Matematika |
||||||||||||
Keywords: | Keterampilan metakognisi; pembelajaran matematika; pendekatan diferensiasi | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Dwi Melinda | ||||||||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2025 03:59 | ||||||||||||
Last Modified: | 01 Aug 2025 04:01 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83078 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |