This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Anjani, Wulan Nur (2025) Analisis ketercapaian penerapan sistem informasi lembaga amil zakat (silaz) dalam peningkatan kualitas layanan pada LAZ Dompet al-Qur’an Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.
![]() |
Text
Wulan Nur Anjani_08020521039.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Wulan Nur Anjani_08020521039_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 12 August 2028. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang ketercapaian penerapan Sistem Informasi Lembaga Amil Zakat (SILAZ) pada LAZ Dompet Al-Qur’an Sidoarjo serta kontribusinya dalam meningkatkan kualitas layanan pengelolaan zakat. Digitalisasi zakat menjadi kebutuhan strategis bagi lembaga filantropi Islam untuk membangun transparansi, efisiensi, dan akuntabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan SILAZ dilakukan serta bagaimana ketercapaian sistem tersebut dalam meningkatkan kualitas layanan pada LAZ Dompet Al-Qur’an Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi lapangan, dan studi_dokumentasi. Data dianalisis menggunakan pendekatan SERVQUAL untuk mengukur kualitas layanan_melalui lima dimensi utama: keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan SILAZ telah memenuhi sebagian besar indikator keberhasilan sistem informasi dan dimensi kualitas layanan. Sistem dinilai andal dalam pencatatan transaksi dan manajemen data, meskipun masih terdapat kendala pada fleksibilitas koreksi data dan performa sistem saat beban tinggi. Dukungan teknis dan struktur layanan juga berjalan cukup baik, meski ketergantungan pada pihak eksternal masih membatasi responsivitas sistem. Dari sisi empati dan bukti fisik, sistem telah menyesuaikan kebutuhan pengguna serta didukung infrastruktur yang memadai, baik secara fisik maupun digital. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap penguatan sistem informasi pada lembaga zakat sebagai upaya peningkatan pelayanan publik berbasis teknologi. Diperlukan pengembangan lebih lanjut dalam hal fitur koreksi data, integrasi pelaporan keuangan berbasis regulasi, serta pembentukan tim IT internal untuk meningkatkan daya tanggap sistem. Dengan evaluasi dan pengembangan berkelanjutan, SILAZ berpotensi menjadi model sistem informasi zakat yang efektif, profesional, dan adaptif bagi lembaga zakat lainnya di Indonesia.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Keuangan > Keuangan - Manajemen Layanan Zakat |
||||||||
Keywords: | Sistem informasi; zakat; kualitas layanan | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf | ||||||||
Depositing User: | Wulan Nur Anjani | ||||||||
Date Deposited: | 12 Aug 2025 06:22 | ||||||||
Last Modified: | 12 Aug 2025 06:22 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83623 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |