PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS FASE-FASE BELAJAR GAGNE PADA OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DI KELAS VIII MTs AL MUKARROMIN WADAK KIDUL DUDUKSAMPEYAN GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mihmidiya, Nur (2013) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS FASE-FASE BELAJAR GAGNE PADA OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DI KELAS VIII MTs AL MUKARROMIN WADAK KIDUL DUDUKSAMPEYAN GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 6.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran merupakan suatu upaya yang memungkinkan siswa dapat belajar. Guru sebagai pengelola pembelajaran harus mampu menciptakan kondisi belajar yang memungkinkan siswa dapat belajar dengan baik. Selain menguasai materi, guru juga harus mampu menguasai prinsip-prinsip belajar mengajar. Prinsip-prinsip belajar disini adalah teori-teori belajar yang tepat untuk suatu topik pelajaran tertentu. Ada beberapa teori yang berkembang yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika, salah satunya adalah teori belajar Gagne yang mengembangkan fase-fase dalam belajar. Namun selama ini pembelajaran yang dilakukan oleh guru di sekolah belum menunjukkan kejelasan tentang fase-fase belajar yang digunakan dalam memberikan kemudahan kepada siswa untuk memproses informasi berupa materi pelajaran. Sehingga siswa lebih banyak menghafal sekejap daripada memproses informasi untuk disimpan dalam memori. Untuk menerapkan pembelajaran berbasis fase-fase belajar Gagne, maka diperlukan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan fase-fase belajar yang telah dikemukakan oleh Gagne. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP, buku siswa, dan LKS.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis fase-fase belajar Gagne pada pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar yang valid, praktis, dan efektif. Proses pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model 4-D (Four D Model) yang dikemukakan Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang dimodifikasi menjadi 3-D yaitu: tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : A. Saepul Hamdani
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mihmidiya, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Metode
Keywords: Fase-Fase Belajar Gagne; Operasi Bentuk Aljabar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Nov 2013
Last Modified: 16 Apr 2015 03:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10582

Actions (login required)

View Item View Item