This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Mihmidiya, Nur (2013) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS FASE-FASE BELAJAR GAGNE PADA OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DI KELAS VIII MTs AL MUKARROMIN WADAK KIDUL DUDUKSAMPEYAN GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
cover.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
bab 4.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
bab 6.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (84kB) | Preview |
Abstract
Kegiatan pembelajaran merupakan suatu upaya yang memungkinkan siswa dapat belajar. Guru sebagai pengelola pembelajaran harus mampu menciptakan kondisi belajar yang memungkinkan siswa dapat belajar dengan baik. Selain menguasai materi, guru juga harus mampu menguasai prinsip-prinsip belajar mengajar. Prinsip-prinsip belajar disini adalah teori-teori belajar yang tepat untuk suatu topik pelajaran tertentu. Ada beberapa teori yang berkembang yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika, salah satunya adalah teori belajar Gagne yang mengembangkan fase-fase dalam belajar. Namun selama ini pembelajaran yang dilakukan oleh guru di sekolah belum menunjukkan kejelasan tentang fase-fase belajar yang digunakan dalam memberikan kemudahan kepada siswa untuk memproses informasi berupa materi pelajaran. Sehingga siswa lebih banyak menghafal sekejap daripada memproses informasi untuk disimpan dalam memori. Untuk menerapkan pembelajaran berbasis fase-fase belajar Gagne, maka diperlukan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan fase-fase belajar yang telah dikemukakan oleh Gagne. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP, buku siswa, dan LKS.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis fase-fase belajar Gagne pada pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar yang valid, praktis, dan efektif. Proses pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model 4-D (Four D Model) yang dikemukakan Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang dimodifikasi menjadi 3-D yaitu: tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development).
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Pembimbing : A. Saepul Hamdani | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan > Metode |
||||||
Keywords: | Fase-Fase Belajar Gagne; Operasi Bentuk Aljabar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 20 Nov 2013 | ||||||
Last Modified: | 16 Apr 2015 03:06 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10582 |
Actions (login required)
View Item |