PENDEKATAN SUPERVISI UMMI DALAM MENGEMBANGKAN LEMBAGA PENDIDIKAN AL-QUR'AN DI LEMBAGA PENDIDIKAN UMMI FOUNDATION GAYUNGSARI SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asrori, M. Najib (2013) PENDEKATAN SUPERVISI UMMI DALAM MENGEMBANGKAN LEMBAGA PENDIDIKAN AL-QUR'AN DI LEMBAGA PENDIDIKAN UMMI FOUNDATION GAYUNGSARI SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (72kB) | Preview

Abstract

Setiap kegiatan organisasi sekolah haruslah dilakukan pengawasan oleh kepala sekolah. Hal tersebut penting karena tanpa pengawasan maka seluruh kegiatan program sekolah tidak akan berhasil secara baik. Dalam hal ini, apabila terdapat penyimpangan-penyimpangan tidak dapat diketahui secara dini dan detail. Peran dari kepala sekolah dalam hal ini menjadi sangatlah penting, dengan kata lain bahwa keberhasilan dalam melaksanakan supervisi sangat ditentukan oleh keterampilan-keterampilan supervisor
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana pendekatan supervisi ummi dalam mengembangkan lembaga pendidikan al-Qur'an di lembaga Ummi Foundation Gayungsari Surabaya. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan analisa domain. Pertama-tama mengumpulkan data dan menganalisis pendekatan supervisi ummi dalam mengembangkan lembaga pendidikan al-Qur'an di lembaga Ummi Foundation Gayungsari Surabaya. Dan kemudian menganalisis efektifitas pendekatan supervisi ummi dalam mengembangkan lembaga pendidikan al-Qur'an.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pendekatan supervisi Ummi dalam mengembangkan lembaga pendidikan al-Qur'an di Lembaga Ummi Foundation di Gayungsari surabaya. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, keberhasilan pendekatan supervisi ummi dalam mengembangkan lembaga pendidikan al-Qur'an dilembaga Ummi Foundation Gayungsari Surabaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan berparadigma Deskriptif-Kualitatif. Yaitu berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Dan jenis penelitiannya adalah menggunakan tenik analisis Deskriptif (non statistik), yang dilakukan dengan menggambarkan data yang diperoleh dengan kata-kata atau kalimat yang dipisahkan untuk kategori untuk memperoleh kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwasanya supervisi ummi lembaga pendidikan al-Qur'an di lembaga ummi foundation gayungsari surabaya menggunakan pendekatan (1) humanistik, (2) kompetensi, (3) klinis, (4) professional. Dan supervise ummi tergolong efektif dalam memberikan bantuan dalam mengembangkan profesional mengajar, menilai kemampuan guru sebagai pendidik dan pengajar dalam bidang masing-masing guna membantu mereka melakukan perbaikan dan bilamana diperlukan dengan menunjukkan kekurangan-kekurangan untuk diperbaiki sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Syamsul Ma’arif
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asrori, M. NajibUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Pendekatan Supervisi Ummi; Pengembangan Lembaga Pendidikan Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Nov 2013
Last Modified: 04 Apr 2015 02:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10654

Actions (login required)

View Item View Item