PENGARUH GANGGUAN SAAT MENSTRUASI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWI SMP PLUS AL-FATIMAH BOJONEGORO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

hidayah, Nurul (2013) PENGARUH GANGGUAN SAAT MENSTRUASI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWI SMP PLUS AL-FATIMAH BOJONEGORO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (76kB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini Ada tiga masalah yang akan dikaji,(1)bagaimana gangguan psikologis menstruasi yang dialami siswi ?(2)bagaimana aktivitas belajar siswi SMP PLUS AL-fatimah bojonegoro ?(3)bagaimanakah pengaruh gangguan psikologis saat menstruasi terhadap aktivitas belajar siswi SMP PLUS AL-Fatimah Bojonegoro ?
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif lapangan yang menggunakan teknik korelasional. Subyek penelitian sebanyak 54 responden yang diambil dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen kuesioner untuk menjaring data X dan data Y, serta observasi dan dokumentasi sebagai teknik bantu. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi satu predictor. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: (1) ganggun psikologis menstruasi siswi SMP PLUSAl-Fatimah Bojonegoro pada kategori “cukup terganggu” ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil angket 31,5 yang berada pada interval 33-30 dengan frekuensi 66,67 %. (2) Aktivitas belajar siswi SMP PLUS Al-Fatimah Bojonegoro pada saat menstruasi berada pada kategorl “aktif”, ditunjukkan dengan nilai ratarata hasil angket, yakni 32,87 yang berada pada interval 36-33 dengan frekuensi 57,70 %. (3) Pengujian hipotesis menunjukkan adanya pengaruh positif antara variabel (X) terhadap variabel (Y). Hipotesis yang diajukan bahwa “Ada pengaruh positif antara dimensi psikologis menstruasi dan aktivitas belajar siswi SMP PLUS Al-Fatimah Bojonegoro diterima. Hal ini ditunjukkan pada hasil analisis pendahuluan, yaitu rxy, yakni r hitung = 0,678 > r tabel 0,01 = 0,345 maupun rtabel 0,05 = 0,266; Uji t, yakni t hitung = 6,643 > t tabel 0,01 = 2,390 maupun t tabel 0,05 = 1,671. Dan pada analisis uji hipotesis ditunjukkan dengan hasil Freg, yakni nilai Freg = 44,16 > Ft 0,01 = 7,17 maupun Ft 0,05 = 4,03.
Pengaruh positif antara dimensi psikologis menstruasi terhadap aktivitas belajar siswi SMP PLUS Al-Fatimah Bojonegoro juga ditunjukkan dengan persamaan garis regresi Ŷ = 6,541 + 0,836 X, artinya semakin semakin tinggi tingkat gangguan dalam dimensi psikologis menstruasi maka semakin tinggi tingkat gangguan dalam aktivitas belajar siswi, sebaliknya semakin rendah tingkat gangguan dalam dimensi psikologis menstruasi maka semakin rendah tingkat gangguan dalam aktivitas belajar siswi SMP PLUS Al-Fatimah Bojonegoro.
Penelitian ini, diharapkan menjadi bahan informasi dan masukan khususnya bagi lembaga pendidikan dan para guru, untuk memperhatikan dan tidak melupakan aspek fisik maupun psikis peserta didik yang dapat mempengaruhi aktivitas belajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Fauti Subhan
Creators:
CreatorsEmailNIM
hidayah, NurulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: ?? GM ??
Pendidikan
Keywords: Gangguan Saat Menstruasi; Aktivitas Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2013
Last Modified: 16 Apr 2015 03:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10675

Actions (login required)

View Item View Item