AL MUQARANAH BAINA AL KAFA'AH AL TARBAWIYAH LI MUDARRIS AL LUGHAH AL ARABIYAH AL MU'TAMADIN WA GHAIR AL MU'TAMADIN FI TA'LIM AL LUGHAH AL ARABIYAH BI AL MADARIS AL MUTAWASSITHAH AL ISLAMIYAH WARU SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa', Vidy Alfilan (2016) AL MUQARANAH BAINA AL KAFA'AH AL TARBAWIYAH LI MUDARRIS AL LUGHAH AL ARABIYAH AL MU'TAMADIN WA GHAIR AL MU'TAMADIN FI TA'LIM AL LUGHAH AL ARABIYAH BI AL MADARIS AL MUTAWASSITHAH AL ISLAMIYAH WARU SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (694kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (765kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (735kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (403kB) | Preview

Abstract

Dalam menjamin mutu guru agar tetap memenuhi standar kompetensi diperlukan adanya suatu mekanisme yang memadai yaitu melalui sistem sertifikasi. Sertifikasi guru adalah prosedur yang digunakan oleh pihak yang berwenang untuk memberikan jaminan tertulis bahwa seseorang telah memenuhi persyaratan kompetensi sebagai guru. Akan tetapi dari hasil survei awal yang dilakukan oleh peneliti, dalam kompetensi pedagogiknya, banyak guru yang sertifikasi hanya mampu menyempurnakan perangkat pembelajarannya tapi dalam proses pembelajaran tidak berpengaruh besar. Dari permasalahan tersebut, diperlukan perbandingan antara guru yang bahasa arab yang bersertifikasi dan yang non sertifikasi agar mengetahui apakah program sertifikasi berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Objek penelitian yang akan diteliti oleh penulis adalah guru bahasa arab yang bersertifikasi dan non sertifikasi di Madrasah Tsanawiyah se-kecamatan Waru Sidoarjo. Rumusan masalah yang digunakan oleh penulis secara terperinci terbagi menjadi tiga : 1) Bagaimana kompetensi pedagogik guru bahasa arab yang bersertifikasi dalam pembelajaran bahasa arab di Madrasah Tsanawiyah se-kecamatan Waru Sidoarjo?; 2) Bagaimana kompetensi pedagogik guru bahasa arab yang non sertifikasi dalam pembelajaran bahasa arab di Madrasah Tsanawiyah se-kecamatan Waru Sidoarjo?; 3) Bagaimana persamaan dan perbedaan antara kompetensi pedagogik guru bahasa arab yang bersertifikasi dan non sertifikasi dalam pembelajaran bahasa arab di Madrasah Tsanawiyah se-kecamatan Waru Sidoarjo? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa kompetensi pedagogik guru bahasa arab yang bersertifikasi di Madrasah Tsanawiyah se-kecamatan Waru telah baik, hal ini dilihat dari aspek susunan rencana pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran. Sementara guru yang non sertifikasi masih terdapat beberapa kelemahan dalam beberapa hal. Dalam penelitian juga ditemukan beberapa persamaan dan perbedaan kompetensi pedagogik, beberapa perbedaan yang ditemukan diantaranya adalah 1) Dalam susunan perencanaan pembelajaran guru sertifikasi sudah mencantumkan beberapa metode dan media yang bervariatif tetapi guru yang non sertifikasi belum; 2) Dalam proses pembelajaran, guru sertifikasi sudah memakai beberapa metode dan media yang bervariatif dalam pembelajaran bahasa arab tetapi guru yang non sertifikasi tidak memakai metode yang bervariatif dan tidak menggunakan media pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa', Vidy Alfilanvidy.filan@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Keywords: Pendidikan; Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Vidy Alfilan Nisa
Date Deposited: 22 Aug 2016 04:03
Last Modified: 22 Aug 2016 04:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10747

Actions (login required)

View Item View Item