PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MATERI ISTIMA MELALUI MEDIA BERBASIS ICT KELAS IV MI MAARIF PADEMONEGORO SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Baroroh, Mashnuatul (2013) PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MATERI ISTIMA MELALUI MEDIA BERBASIS ICT KELAS IV MI MAARIF PADEMONEGORO SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penulis tertarik untuk menerapkan Peningkatan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Arab Materi Istima melalui Media Berbasis ICT Kelas IV MI Maarif Pademonegoro Sidoarjo, dikarenakan minat belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Arab rendah. Pada realitanya, guru tidak pernah menggunakan media yang menarik dalam kegiatan pembelajaran, sehingga dapat mengakibatkan minat belajar siswa rendah. Menyikapi permasalahan di atas, perlu dikembangkan media yang tepat dan menarik. Media berbasis ICT program slide power point hyperlink sebagai salah satu media yang berkembang pada zaman modern, yang menjadikan pembelajaran lebih efektif, kreatif, dan menyenangkan.
Beranjak dari permasalahan diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana minat belajar siswa dalam pembelajaran bahasa arab kelas IV di MI Maarif Pademonegoro Sidoarjo sebelum diterapkan media berbasis ICT?, (2) Bagaimana penerapan media Berbasis ICT dalam pembelajaran bahasa arab materi istima kelas IV di MI Maarif Pademonegoro Sidoarjo?, dan (3) Bagaimana peningkatan minat belajar siswa kelas IV pada pembelajaran bahasa arab materi istima setelah guru menerapkan media Berbasis ICT MI Maarif Pademonegoro Sidoarjo?
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, angket, dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dikatakan demikian karena melibatkan angka-angka terhadap perhitungan hasil presentase minat belajar siswa. Data yang bersifat kuantitatif dianalisa dengan analisa deskriptif kuantitatif.
Dari hasil observasi dan data empiris di lapangan menunjukkan bahwa penggunaan media berbasis ICT program slide power point hyperlink terbukti dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas IV pada pembelajaran bahasa arab materi istima MI Maarif Pademonegoro Sidoarjo. Hasil observasi lapangan menunjukkan adanya peningkatan minat dari pra PTK ke siklus I sebesar 17,1%, dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 16,1% dan dari pra PTK sampai siklus II meningkat sebesar 33,2 %. Dalam bentuk aplikasi dari media berbasis ICT terbukti dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran bahasa arab di MI Maarif Pademonegoro Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Taufik
Creators:
CreatorsEmailNIM
Baroroh, MashnuatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: ?? P_Mbkt ??
Keywords: Media Berbasis ICT; Minat Belajar; Istima
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Jan 2014
Last Modified: 08 Apr 2015 04:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10907

Actions (login required)

View Item View Item