PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR KONSEP MENULIS PARAGRAF DENGAN PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL "NUMBERED HEAD TOGETHER" PADA SISWA KELAS III MI. DARUS SALAM KALIPANG GRATI KABUPATEN PASURUAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sakdiyah, Khalimatus (2014) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR KONSEP MENULIS PARAGRAF DENGAN PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL "NUMBERED HEAD TOGETHER" PADA SISWA KELAS III MI. DARUS SALAM KALIPANG GRATI KABUPATEN PASURUAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (76kB) | Preview

Abstract

Hasil pengamatan yang telah dilakukan dalam proses pembelajaran di MI. Darus Salam Kalipang Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan, khususnya pada kelas III. Permasalahan yang dihadapi oleh guru yaitu kesulitan guru untuk membuat siswa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dengan rendahnya aktivitas belajar yaitu secara rata-rata siswa dengan kriteria cukup ada 6 (20,69 %) dan siswa dengan kriteria kurang ada 23 (79,31%) dari 29 siswa. Jika dilihat dari daftar nilai ulangan harian pra tindakan diketahui ada 16 siswa (55,71%) yang belum memenuhi KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 75 dan ada 13 siswa (44,83%) sudah memenuhi KKM sekolah dari keseluruhan 29 siswa. Hasil belajar tersebut belum memuaskan, karena masih ada siswa yang belum tuntas belajar.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Clasrom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan. Variabel yang akan diteliti dalam penelitian PTK ini yaitu Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together Variabel terikatnya adalah keaktifan belajar menulis paragraf. Untuk instrumen pengumpulan data meliputi observasi, tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan NHT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar menulis paragraf pada siswa kelas III MI Darus Salam Kalipang Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan Semester 1 Tahun Pelajaran 2014/2015 hal ini ditunjukkan pada pra siklus aktivitas belajar sebesar 20,69% dengan kriteria cukup dan 79,31% dengan kriteria kurang. Siklus 1 terjadi peningkatan aktivitas belajar sebesar 67,24% dengan kriteria cukup dan siklus 2 meningkat menjadi sebesar 87,92% dengan kriteria sangat baik. Adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya Numbered Head Together ditunjukkan dengan meningkatnya pencapaian ketuntasan hasil belajar siswa sebelum tindakan sebanyak 13 siswa tuntas belajar dengan persentase 44,83% dan siklus 1 terjadi peningkatan sebanyak 19 siswa tuntas belajar dengan persentase 65,52% dan siklus 2 meningkat menjadi sebanyak 25 siswa tuntas dengan persentase 86,21 %.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Machfud Bachtiyar
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sakdiyah, KhalimatusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendekatan
Keywords: Keaktifan Belajar Konsep Menulis Paragraf; Model "Numbered Head Together"
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Feb 2015 02:24
Last Modified: 24 Feb 2015 02:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1109

Actions (login required)

View Item View Item