PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA TENTANG MEMBACA BACAAN DENGAN LATIHAN MEMBACA NYARING PADA SISWA KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI MEDALI PURI MOJOKERTO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatimah, Siti (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA TENTANG MEMBACA BACAAN DENGAN LATIHAN MEMBACA NYARING PADA SISWA KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI MEDALI PURI MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran bahasa Indonesia adalah mata pelajaran yang sangat penting dalam kehidupan sehari – hari. Pada siswa kelas satu, pada awal masuk memang ada yang sudah bisa membaca, tetapi kemampuan membacanya masih kurang lancar atau belum bisa memahami isi bacaan. Untuk itu guru kelas satu harus mencari cara yang tepat untuk dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia tentang membaca bacaan. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah apakah dengan latihan membaca nyaring dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia tentang membaca bacaan pada siswa kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Negeri Medai Puri Mojokerto. Dalam hal ini kita dapat memberikan latihan membaca nyaring pada siswa setiap hari sehingga siswa dapat membaca dengan lancar dan dapat memahami bacaan tersebut. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan latihan membaca nyaring pada siswa kelas I dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia tentang membaca bacaan. Ini dapat diketahui dari hasil belajar siswa kelas I Al Quddus pada siklus I adalah 73 dan pada siklus II adalah 84. Siswa yang lancar membaca pun sudah bertambah banyak yaitu pada siklus I sebanyak 9 siswa menjadi 26 siswa pada siklus II sedangkan sisanya ada 2 siswa yang masih kurang lancar nantinya yang akan diberi bimbingan terus oleh guru kelas di luar jam. Sebagai seorang guru kelas I harus dapat meningkatkan kemampuan siswanya dalam hal calistung (membaca, menulis dan berhitung). Untuk itu kita harus selalu memberikan bimbingan kepada siswa agar apa yang menjadi tujuan kita dapat tercapai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nur Kholis
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatimah, SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Minat Baca
Pendidikan > Tes Belajar
Keywords: Bahasa Indonesia; Membaca Bacaan; Latihan Membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Feb 2015 02:22
Last Modified: 25 Feb 2015 02:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1124

Actions (login required)

View Item View Item