EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE TRANS SECTOR UNTUK MENINGKATKAN MAHARAH KITABAH PELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS X DI MADRASAH MUALLIMAT CUKIR JOMBANG

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ayni, Swasti Nur (2013) EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE TRANS SECTOR UNTUK MENINGKATKAN MAHARAH KITABAH PELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS X DI MADRASAH MUALLIMAT CUKIR JOMBANG. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (782kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab.I.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab.II.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab.III.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab.IV.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab.V.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daf.Pustaka.pdf

Download (366kB) | Preview

Abstract

Terpilihnya judul ini didasarkan atas asumsi bahwa metode Trans Sector bertujuan agar siswa dapat mendeskripsikan dan membuat suatu laporan atau karangan tentang suatu objek di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah. Metode ini sangat cocok diterapkan pada maharah kitabah (khususnya dalam membuat kalimat dan paragraf) karena siswa melakukan pengamatan langsung di lapangan untuk melihat kondisi fisik objek yang diamati sehingga memudahkan mereka untuk menuangkan idenya dalam suatu tulisan.
Adapun masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1. Bagaimana penerapan metode Trans Sector 2. Bagaimana maharah kitabah siswa dalam pembelajaran bahasa arab 3. Bagaimana efektivitas penerapan metode Trans Sector dalam meningkatkan maharah kitabah.
Dalam menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan t-tes dan prosentase. Adapun metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara, angket, tes, dan analisis data. Dari hasil tes yang diuji dengan perhitungan statistik diperoleh data mean post tes =8, standar deviasi post tes =0,816, dan nilai T hitung =2,865. Dari hasil tersebut di simpulkan bahwa T hitung lebih besar dari T tabel (2,792,06), maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat peningkatan kemampuan menulis. Jadi, terdapat pengaruh penerapan metode Trans Sector untuk kemampuan menulis pelajaran bahasa arab pada siswa kelas X di Madrasah Muallimat Cukir-Jombang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sholehan, M.A.
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ayni, Swasti NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Keywords: METODE TRANS SECTOR, MAHARAH KITABAH
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Feb 2014
Last Modified: 07 Apr 2015 06:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11336

Actions (login required)

View Item View Item