Studi Komparasi Penerapan Metode Amtsilati dan Metode Al Miftah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Bagi Santri Baru Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Imarotul (2016) Studi Komparasi Penerapan Metode Amtsilati dan Metode Al Miftah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Bagi Santri Baru Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (694kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (587kB) | Preview

Abstract

Dalam dunia pondok pesantren, istilah “kitab kuning”, sudah cukup populer, yaitu kitab-kitab berbahasa Arab yang dikarang oleh ulama’ masa lalu, khususnya di abad pertengahan. Terdapat beberapa metode cara membaca kitab kuning diantaranya adalah Metode Amtsilati dan Metode Al Miftah. Kedua metode tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena pengalaman penulis yang pernah mengenyam pendidikan Pondok Pesantren dan didorong rasa ingin tahu, maka penulis melakukan penelitian tentang perbandingan penerapan Metode Amtsilati dan Metode Al Miftah di Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan. Tujuan utama penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui hasil belajar santri menggunakan metode Amsilati di Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan, 2) Untuk mengetahui hasil belajar santri menggunakan metode Al-Miftah di Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan, 3) Untuk mengetahui perbandingan hasil belajar antara metode Amsilati dengan metode Al-Miftah dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning bagi santri baru di Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan. Metode penelitian ini adalah kuantitaif. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif dan eksplanatif. Santri baru angkatan 2014/2015 berjumlah 400 santri sedangkan santri baru angkatan 2015/2016 berjumlah 350 santri. Santri yang dijadikan sampel adalah 76 santri, yang masing-masing tahun ajaran diambil 38 sanri. Perhitungan hasil ini menggunakan rumus statistik T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) Rata-rata nilai hasil belajar menggunakan Metode Amtsilati adalah 89,4 dari nilai sempurna yaitu 100. 2) rata-rata nilai hasil belajar menggunakan Metode Al Miftah adalah 91,1 dari nilai sempurna Metode Amtsilati adalah 100. 3) Penerapan Metode Amtsilati di Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan tidak lebih efektif dari pada Metode Al Miftah dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning bagi santri baru. Hal ini dapat dibuktikan dengan menggunakan perhitungan T-test yang bernilai t stat (-1.040) < t table (0.408), yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Imarotulimaroh.hasanah@gmail.comD91212164
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDamanhuriUNSPECIFIED195304101988031001
Subjects: Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hasanah Imarotul
Date Deposited: 24 Aug 2016 04:02
Last Modified: 05 Dec 2019 02:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11963

Actions (login required)

View Item View Item