Pengaruh penerapan metode tilawati terhadap kemampuan baca Al-Quran siswa kelas V SD Kyai Ibrahim Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ihrom, Muhammad (2016) Pengaruh penerapan metode tilawati terhadap kemampuan baca Al-Quran siswa kelas V SD Kyai Ibrahim Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (213kB) | Preview

Abstract

Manusia merupakan makhluk yang sempurna. Kesempurnaan ini karena akal yang dimiliki manusia untuk dapat menggunakan akal dengan baik perlu adanya ilmu. Ilmu dapat melalui pendididikan selain itu, menuntut ilmu merupakan perintah agama. Dengan ilmu manusia akan dapat menjadi khalifah. Manusia yang dilahirkan dengan membawa potensi dapat dididik dan mendidik sehingga mampu menjadi khalifah di muka bumi, serta pendukung dan pemegang kebudayaan. Pada dasarnya pembelajaran al-Qur’an memiliki banyak sekali metode yang digunakan bertujuan untuk mempermudah guru menyampaikan materi al-Qur’an kepada siswa sehingga siswa mampu menguasai ilmu al-Qur’an dengan baik dan benar. Munculnya metode-metode pembelajaran al-Qur’an seringkali berhubungan dengan adanya problematika pembelajaran al-Qur’andalam suatu lembaga berhubungan dengan problem kemampuan membaca al-Qur’an serta kurangnya jam pelajaran. Akan tetapi, realita tersebut seringkali bukan merupakan suatu masalah. Tujuan kegiatan penerapan suatu metode adalah untuk membantu dan meningkatkan kemampuan membaca anak didik khususnya dalam membaca al-Qur’an. Sedangkan tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode tilawati terhadap kemampuan baca al-Qur’an siswa kelas V SD Kyai Ibrahim Surabaya. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantatif dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Tujuan mengunakan analisis regresi sederhana adalah untuk mengetahui besarnya tidaknya pengaruh antara variabel bebas dan variabel terikat. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode interview, metode angket, metode observasi dan metode dokumentasi dengan jumlah sampel 60 siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran al-Qur’an denganmenggunakanmetodetilawati di SD Kyai Ibrahim Surabaya. Dari hasil pengujian hipotesis mengenai pengaruh penerapan metode tilawati terhadap kemampuan baca al-Qur’an adalah Fh<Ft (-4,49<4,00) sehingga H0 diterima, dapat disimpulkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode tilawati (X) terhadap kemampuan baca (Y). Adapun faktor-faktor yang menyebabkan tidak adanya pengaruh dari penelitian tersebut adalah diarenakan beberapa bagian dari metode tilawati ada yang belum di terapkan secara sempurna mengakibatkan metode tilawati tidakberpengaruh secarasesuai pakem yangsudah ditentukan seperti peraga yang belum di maksimalkan, dan masih ada yang memakai metode individualserta beberapa hal lain yang berhubungan dengan itu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ihrom, Muhammadminaljaroim12@gmail.comD01212045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyamsudin, Syamsudinsyamsudinuinsby@gmail.com2012096702
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: IHROM MUHAMMAD
Date Deposited: 26 Aug 2016 07:44
Last Modified: 19 Nov 2019 04:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12684

Actions (login required)

View Item View Item