Strategi bisnis media mengangkat kearifan lokal melalui program acara Indonesia Bagus

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Octavia, Tutwuri Handayani (2016) Strategi bisnis media mengangkat kearifan lokal melalui program acara Indonesia Bagus. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

Saat ini banyak menampilkan tayangan program acara yang berkonten kearifan lokal. Hal tersebut tentu saja sangat menarik untuk dijadikan sebagai strategi bisnis oleh beberapa media saat ini. Salah satunya yaitu program acara Indonesia Bagus Net Tv yang sejak awal tayangannya murni tentang kearifan lokal budaya Indonesia.
Rumusan masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana strategi bisnis NET TV dalam mengangkat kearifan lokal melalui program acara Indonesia Bagus.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan dianalisis menggunakan teori Ekonomi Media.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa : (1) program acara Indonesia Bagus merupakan program unggulan sejak awal berdirinya stasiun televisi Net Tv (2) program acara Indonesia Bagus memilih konten kearifan lokal mengikuti tren media sampai saat ini (3) strategi bisnis yang dijalankan Indonesia Bagus yaitu selalu mempertahankan konten lokal dengan dikemas dalam beberapa segmen yang berkualitas dan mendidik (4) ekonomi media yang dijalankan oleh program acara Indonesia yaitu memanfaatkan sumber daya yang terbatas untuk memproduksi konten dan mendistribusikannya kepada khalayak untuk memenuhi beragam permintaan akan kebutuhan informasi.
Penelitian ini diharapkan bermanfaat dalam kajian keilmuan komunikasi khususnya dalam pembahasan tentang bisnis media dalam suatu program acara. Strategi bisnis yang dijalankan oleh program acara Indonesia Bagus mengenai konten kearifan lokal akan membawa dampak besar dalam dunia pendidikan di Indonesia, masyarakat akan mendapat wawasan luas tentang budaya Indonesia melalui tayangan tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Advan Navis Zubaidi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Octavia, Tutwuri Handayanihandayani447@rocketmail.comB06212034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZubaidi, Advan Navisadvan@uinsby.ac.id198311182009011006
Subjects: Ilmu Komunikasi
Media Massa
Manajemen Strategi
Keywords: Media; Kearifan Lokal; Strategi Bisnis
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Octavia Tutwuri Handayani
Date Deposited: 25 Aug 2016 07:27
Last Modified: 29 Nov 2019 08:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12706

Actions (login required)

View Item View Item