PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Izzah, Jauharotul (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (748kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (764kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (205kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masihbanyaknyasiswa yang kurang tertarik dalambelajarmatematika. Salah satupenyebabnyaadalah guru yang masihmenggunakan metode mengajar konvensional, sehingga siswa merasa bosan dalam belajar matematika. Dalam penelitian ini, digunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay yang bersifat menyenangkan dan meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami konsep secara mudah, berkompetisi secara positif dalam pembelajaran dan mengubah suasana pembelajaran di kelas menjadi lebih menyenangkan, sehingga siswa merasa lebih tertarik dalam belajar matematika. Pengembanganperangkatpembelajarandengan model kooperatif tipe Course Review Horay pada materi relasi dan fungsimenggunakanmodel pengembangan Plompyang terdiri dari tiga fase pengembangan, yaitu fase investigasi awal (preliminary investigation), fase pembuatan prototipe (prototyping phase) dan fase penilaian (assesment phase). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP, buku siswa, LKS, dan soal kotak horay. Uji coba dilakukan pada 35 siswa kelas VIII-H SMP Negeri 2 Menganti. Data penelitian dianalisis dan diperoleh data sebagai berikut: kevalidan RPP berkategorisangat valid dengan rata-rata penilaian(4,07), kevalidan buku siswa berkategorivalid dengan rata-rata penelitian(3,92), kevalidan LKS berkategori valid dengan rata-tarapenilaian(3,96) dan kevalidan soal kotak horay berkategori sangat valid dengan rata-rata penilaian (4,08), darimasing-masing perangkat pembelajaran tersebutdinilai praktis oleh para ahli, dengan penilaian "B" untuk masing-masing perangkat pembelajaran, yang berarti bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat digunakan dengan sedikit revisi, aktivitas siswa dinyatakan efektif dengan persentase yang mendukung KBM lebih besar dari pada persentase yang tidak mendukung KBM, keterlaksanaan sintaks dinyatakan efektif dengan rata-rata total tiap kegiatan sebesar 3,65, teshasil belajar siswa tergolong tuntas karena sudah memenuhi criteria ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 88,6% dan respon siswa dinyatakan sangat positifdengan rata-rata total 91,4%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Izzah, Jauharotuljauharotul.izzah@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Pengembangan; Perangkat Pembelajaran; Pembelajaran Kooperatif; Course Review Horay
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Izzah Jauharotul
Date Deposited: 25 Aug 2016 07:15
Last Modified: 15 Sep 2016 01:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12738

Actions (login required)

View Item View Item