Bimbingan Konseling Islam dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk Mengatasi Burnout Syndrome Seorang Pengurus di Unit Kegiatan Mahasiswa Paduan Suara UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pratama, Ramadahana Yunasmara (2016) Bimbingan Konseling Islam dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk Mengatasi Burnout Syndrome Seorang Pengurus di Unit Kegiatan Mahasiswa Paduan Suara UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (302kB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana proses Bimbingan Konseling Islam dengan Rational Emotive Behavioral Therapy (REBT) untuk mengatasi masalah Burnout Syndrome seorang pengurus di Unit Kegiatan Mahasiswa Paduan Suara UIN Sunan Ampel Surabaya (2) Bagaimana hasil akhir Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dalam menangani burnout syndrome seorang pengurus di Unit Kegiatan Mahasiswa Paduan Suara UIN Sunan Ampel Surabaya? Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti ini menggunakan metode kualitatif, dengan analisa studi deskriptif. Dalam menganalisa gejala burnout syndrome data yang digunakan berupa penyajian data dan analisa data. Sebagai pelengkap dari penelitian ini, diberikan bukti berupa laporan verbatim dalam setiap sesi konseling, lalu menyajikan testimoni dari teman klien yang merasakan dampak perubahan sikap klien setelah melaksanakan proses bimingan konseling islamdengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy serta dokumentasi berupa foto proses konseling, serta foto hasil yang diperoleh dari proses bimbingan dan konseling islam menggunakan pendekatan Rational Emotive behavior Therapy.Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa proses bimbingan konseling islam menggunkan Rational Emotive Behavior Therapy untuk mengatasi burnout syndrome dinilai lancar karena dalam proses konseling, konseli termasuk orang yang terbuka akan permasalahannya, serta proses identifikasi masalah hingga evaluasi berjalan sistematis dan sesuai dengan kaidah dari terapi tersebut. meskipun secara sarana dan prasarana kurang memadai seperti halnya ruang konseling yang tidak sesuai standarisasi dalam proses konseling, karena pada penelitian ini sanagt situasional dan kondisional, namun hal itu tidak mengubah esensial dari proses bimbingan konseling islam . hasil yang diperoleh dari proses bimbingan konseling islam dengan menggunakan Rational Emotive Behavior Therapy dinilai cukup berhasil. Presentase keberhasilan mencapai 66,67%, yang bisa dikategorikan cukup berhasil, adapun beberapa gejala yang kurang berhasil hanya sebagian kecil dan gejala itu juga dipengaruhi oleh factor yang diluar dari gejala burnout syndrome, yang dalam hal ini bukan ranah dari pembahasan serta terapi yang diberikan oleh konselor

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pratama, Ramadahana Yunasmararamadahana578@yahoo.comB03212021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThohir, Mohamadmohamadthohir@uinsby.ac.id197905172009011007
Subjects: Bimbingan Konseling
Karier
Keywords: Bimbingan konseling islam; Rational Emotive Behavior Therapy; Burnout syndrome
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Pratama Ramadahana Yunasmara
Date Deposited: 29 Aug 2016 07:53
Last Modified: 19 Dec 2019 03:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12824

Actions (login required)

View Item View Item