This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Mumtaza, Khirza (2016) Pengaruh implementasi model pembelajaran Air (Auditory, Intellectualy, Repetiton) dalam meningkatkan prestasi belajar PAI siswa SMP Al Hikmah Cilacap. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (597kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (377kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (486kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (541kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (115kB) | Preview |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Implementasi Model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetiton) pada pembelajaran PAI siswa SMP AL Hikmah Cilacap.? (2) Bagaimana prestasi belajar PAI siswa SMP AL Hikmah Cilacap.? (3) Bagaimana Implementasi Model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetiton) dalam meningkatkan prestasi belajar PAI siswa SMP AL Hikmah Cilacap?.
Adapun sampelnya adalah 27,04 % dari 104 siswa yaitu 26 siswa, teknik pengambilan sampel adalah teknik startified proportional random sampling yaitu mengacak sampel pada setiap strata dengan pembagian yang sama.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif , dan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah (1) Rumus presentase sederhana, yaitu menganalisis data tentang penerapan model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetiton) di SMP AL Hikmah Cilacap (2) Rumus prosentase sederhana, yaitu untuk menganalisis data tentang prestasi belajar pada studi bidang studi pendidikan agama islam di SMP AL Hikmah Cilacap (3) Rumus korelasi product moment, yaitu untuk menganalisis data tentang ada atau tidaknya PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN AIR (Auditory, Intellectualy, Repetiton) dalam meningkatkan prestasi belajar PAI siswa SMP AL Hikmah Cilacap.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) Implementasi Model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetiton) pada pembelajaran PAI siswa SMP AL Hikmah Cilacap tergolong cukup. Hal ini di buktikan dari hasil prosentase ( 69,2% ) %) adalah berada pada interval 56% -75% yang berarti cukup. (2) Prestasi belajar PAI siswa SMP AL Hikmah Cilacap sebelum diterapkannya model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetiton) pada kelas VIII dengan siswa 104 memiliki rata-rata nilai (6,5), yang artinya berada pada interval 6-7 yang berarti rendah. (3) Setelah di terapkannya MODEL PEMBELAJARAN AIR (Auditory, Intellectualy, Repetiton) maka prestasi belajar PAI siswa SMP AL Hikmah Cilacap menjadi meningkat, dilihat dari nilai rata-rata yang semula (6,5) menjadi (8,1), dan hal ini juga bisa kita buktikan dengan perhitungan rumus rxy ( 0,4246 ) adalah lebih besar dari hasil perhitungan tabel rt baik pada taraf signifikasi 5 % ( 0,3882 ) maupun pada taraf signifikasi 1 % ( 0,3927 ) yang artinya hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho), ditolak, berarti terdapat pengaruh yang signifikasi antara variabel x (Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetiton) dengan variabel Y (prestasi belajar siswa) di SMP AL HIKMAH Cilacap.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran Pendidikan > Prestasi Belajar |
||||||||
Keywords: | Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition); Prestasi Belajar | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Mumtaza Khirza | ||||||||
Date Deposited: | 30 Aug 2016 02:31 | ||||||||
Last Modified: | 16 Dec 2019 07:32 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12888 |
Actions (login required)
View Item |